Breaking News:

Kabar Pasuruan

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemkab Pasuruan Siapkan Standarisasi TPQ

Standarisasi dijadikan sebagai upaya dalam menyetarakan TPQ-TPQ di Kabupaten Pasuruan disamping peningkatan kualitas.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Achmad Amru Muiz
suryamalang.com/Galih Lintartika
Ribuan santri dari sejumlah TPQ dan Madin di Kabupaten Pasuruan saat berkumpul menjadi satu menolak program Full Day School (FDS) dan sekolah lima hari beberapa waktu lalu. 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan berencana menstandarisasi TPQ dan Madrasah Diniyah (Madin) di Kabupaten Pasuruan. Standarisasi itu dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kualitas - kualitas pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pasuruan, Iswahyudi mengatakan, pihaknya lebih memperhatikan kualitas TPQ di Kabupaten Pasuruan. Ia berharap, program ini bisa mencetak anak didik yang mumpuni dalam membaca Al-Quran.

Selain itu, juga berkaitan dengan sarana dan prasarana penunjang. "Ini dimaksudkan pula, untuk mengukur support yang direalisasikan Pemkab dalam mendorong pendidikan TPQ tersebut," jelasnya.

Di samping itu, kata dia, standarisasi juga dijadikan sebagai upaya dalam menyetarakan TPQ-TPQ di Kabupaten Pasuruan. "Antara satu TPQ dengan TPQ yang lain, cenderung tidak sama, khususnya dari sisi sarana dan prasarananya. Nah, inilah perlunya standarisasi dalam TPQ tersebut," imbuhnya.

Menurut Iswahyudi, upaya menstandarisasi TPQ tersebut akan dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan pemetaan. Pemetaan itu, dimaksudkan untuk mengukur kualitas TPQ yang satu dengan yang lainnya. "Akan kami lakukan pemetaan terlebih dahulu," imbuhnya.

Memang, lanjut Iswahyudi, menstandarisasi TPQ bukan perkara mudah. Hal ini seiring dengan banyaknya TPQ yang ada di Kabupaten Pasuruan. Setidaknya, ada 1.391 TPQ yang tersebar.

"Pelaksanaannya akan dilakukan bertahap. Terlebih dahulu, dengan pemetaan yang setidaknya akan kami lakukan mulai tahun ini," pungkasnya. (lih)

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved