Kabar Surabaya

49 CCTV Bantu Awasi Pengaman Mudik di Terminal Purabaya 

Sebanyak 49 CCTV akan ikut mengawasi sistem pengamanan saat berlangsungnya arus Mudik 2019 di Terminal Purabaya, Desa Bungurasih Kecamatan Waru, Sidoa

49 CCTV Bantu Awasi Pengaman Mudik di Terminal Purabaya 
suryamalang.com
Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Sebanyak 49 CCTV akan ikut mengawasi sistem pengamanan saat berlangsungnya arus mudik 2019 di Terminal Purabaya, Desa Bungurasih Kecamatan Waru, Sidoarjo.

Setiap tindakan apa pun akan di lingkungan Terminal ini akan terekam dan terlihat melalui monitor Petugas.

"Puluhan CCTV itu sudah lama terpasang. Terpasang mulai pintu masuk hingga di dalam areal terminal. Kamera pengintai ini akan kami optimalkan saat pelaksanaan arus mudik nanti," kata Kepala Sub Unit Terminal Purabaya, Imam Hidayat, Selasa (30/4/2019).

Diakui bahwa keberadaan CCTV itu tidak saja membantu dalam menciptakan aman di lingkungan terminal, namun juga bikin nyaman penumpang. Setidaknya mereka merasa nyaman karena merasa ditemani kamera perekam ini. 

"Merasa nyaman karena pasti semua takut dan mikir dua kali kalau ada yang mau berbuat jahat karena ada CCTV. Sekarang terminal Bungurasih bagus. Kalau ada yang nawari bus itu wajar," ucap Purwadi, calon penumpang yang hendak ke Madiun. 

Saat ini, Terminal Purabaya tengah mempersiapkan diri gelaran rutin mudik tahunan. Menurut Kasub Unit Terminal Purabaya Imam Hidayat, suasana arus mudik dengan hari tidak jauh beda. Namun diakui akan banyak penumpang dari berbagai jurusan akan tiba.

Kerawanan hanya pada jurusan tertentu. "Terutama yang jalur kedatangan bus dari Bandara Juanda relatif perlu kewaspadaan tinggi. Banyak TKI pulang. Kami akan memberi perhatian lebih pada jalur ini. Termasuk CCTV kita akan pelototi," kata Imam. 

Dari 49 CCTV yang ada di Purabaya itu, sebanyak 16 CCTV adalah CCTV khusus pengenal wajah. Bisa men-capture wajah secara otomatis bagi pelaku dan buron kejahatan. Juga orang hilang. Asal foto pelaku atau orang hilang itu sudah dimasukkan ke CCTV pengenal wajah. 

Selama ini di terminal yang dikelola Dishub Kota Surabaya ini sudah berhasil merekam keberadaan orang hilang dan sejumlah pelaku kejahatan dengan bekerja sama bareng polisi. 

Setiap orang yang melintas di terminal ini, wajahnya akan terekam dan ter-capture. Siap pun orangnya, foto wajah mereka akan terekam kamera. Nantinya akan berlaku untuk semua sudut kota.

Begitu ada buron atau pelaku kejahatan melintas, sinyal akan berbunyi dan notifikasi di layar monitor akan terlihat. Manakala orang yang melintas itu adalah pelaku, buron atau daftar pencarian orang (DPO) atau orang yang dimaksud, sistem akan mendeteksi saat itu juga.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved