Malang Raya

Ade Herawanto Ajak Warga Manfaatkan Rumah Potong Hewan Kota Malang karena Bersertifikasi Halal

RPH juga mendukung program pemerintah untuk mengembangkan pariwisata halal Indonesia di Kota Malang. RPH juga sudah mengantongi sertifikasi halal MUI.

Ade Herawanto Ajak Warga Manfaatkan Rumah Potong Hewan Kota Malang karena Bersertifikasi Halal
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
ARSIP - Petugas Dinas Pertanian Kota Malang memberikan pelatihan menyembelih hewan kurban pada Juru Sembelih Halal (Juleha) di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang, Rabu (23/8/2017). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN – Petugas PD Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Malang mulai gencar sosialisasi dan inspeksi mendadak. Operasi gabungan dipimpin langsung oleh Plt Direktur Utama PD RPH Ade Herawanto.

Ade menyampaikan informasi kepada seluruh pengelola hotel, restoran dan catering mengenai UU No 18 tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan pasal 61, yakni aturan-aturan tentang pemotongan /penyembelihan hewan.

“RPH juga mendukung program pemerintah untuk mengembangkan pariwisata halal Indonesia di Kota Malang. RPH juga sudah mengantongi sertifikasi halal MUI Jawa Timur dan juga telah memiliki nomor Kontrol Veteriner (NKV),” kata Ade, Selasa (30/4/2019).

Untuk menyosialisasikannya, tim PD RPH berkeliling ke sejumlah pasar tradisional hingga outlet-outlet modern dan pusat perbelanjaan atau mall. Sebelumnya, pihak RPH sudah menegaskan bahwa ketersediaan daging sapi jelang Ramadan dan menyambut Idul Fitri menjadi perhatian serius.

Lonjakan permintaan harus disiasati dengan baik guna mengantisipasi kelangkaan dan juga fluktuasi harga yang ugal-ugalan.

“Selain itu, stok yang ada juga harus memenuhi klasifikasi Aman, Sehat, Utuh & Halal (ASUH),” tegas Ade.

Ade juga mengatakan ada Surat Edaran Plt Dirut PD RPH Kota Malang Nomor : 003 / 75 / 35.73.603 / 2019. Dalam surat itu, diberitahukan kepada seluruh pengelola hotel, restoran dan catering bahwa sesuai UU No 18 tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan pasal 61:

Ayat 1. Pemotongan hewan yang dagingnya diedarkan harus:

a. Dilakukan di rumah potong; dan

b. Mengikuti cara penyembelihan yang memenuhi kaidah kesehatan masyarakat veteriner dan kesejahteraan hewan

Halaman
123
Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved