Kabar Jember

Di Jember, Harga Bawang Putih Rp 44.00 per Kg, Bawang Merah antara Rp 30.000 - Rp 40.000 per Kg

Harga bawang putih bertengger di angka Rp 44 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang merah di harga Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu per kilogram.

Di Jember, Harga Bawang Putih Rp 44.00 per Kg, Bawang Merah antara Rp 30.000 - Rp 40.000 per Kg
sri wahyunik
Pedagang bawang merah dan bawang putih di Pasar Tanjung, Jember. 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Harga bawang merah dan bawang putih kompak mahal di Kabupaten Jember.

Pantauan SuryaMalang.com, sampai akhir April 2019 ini, harga kedua komoditas itu masih mahal.

Harga bawang putih bertengger di angka Rp 44 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang merah di harga Rp 30 ribu sampai Rp 40 ribu per kilogram.

Harga-harga ini berdasarkan pantauan SuryaMalang.com di Pasar Tanjung, Jember di tingkat pengecer.

Supiyah, seorang pedagang bawang, menuturkan, harga bawang putih itu sudah turun dibandingkan lima hari lalu.

"Lima hari lalu harganya Rp 45 ribu per kilogram, kemudian dua hari lalu turun di angka Rp 40 ribu, dan hari ini naik lagi jadi Rp 44 ribu per kilogram. Dari harga kulakannya memang kayak begitu. Pasokannya sedikit," ujar Supiyah. Harga ini tentunya jauh di atas harga normal bawang putih yang rata-rata di kisaran Rp 30 ribu sampai Rp 32 ribu per kilogram.

84 Ribu Ton Bawang Putih dari Tiongkok Masuk Jatim, Wagub Emil Dardak Bilang, Mau Bagaimana Lagi

Harga Bawang Putih Di Kota Blitar Terus Naik, Hari Ini Tembus Rp 50 Ribu Per Kilogram

Sementara untuk harga bawang merah per Selasa (30/4/2019), menurut Supiyah sudah relatif turun dibandingkan tiga hari lalu. Tiga hari lalu, harga bawang merah super di harga Rp 50 ribu per kilogram. "Sekarang sudah turun jadi Rp 40 ribu. Sedangkan yang ukuran sedang harganya Rp 35 ribu, dan yang ukuran kecil harganya Rp 30 ribu. Rata-rata sudah turun Rp 5 ribu dibandingkan tiga hari lalu," imbuh Supiyah.

Dia mengaku menaikkan harga penjualan karena harga kulakan di pedagang besar juga naik. Dari informasi yang dia dapatkan, harga di tingkat petani bawang merah juga naik sehingga harga di pasaran juga naik.

Harga kedua komoditas ini oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jember masuk dalam kategori siaga di bulan April. Sebab harga kedua komoditas ini cenderung naik dibandingkan bulan sebelumnya. Karenanya, TPID mewaspadai harga dua komoditas itu terutama menjelang bulan Ramadan.

"Untuk bawang merah memang karena faktor pasokan di petani yang sedikit sehingga harganya naik. Kalau bawang merah, seiring adanya bawang putih impor yang baru ini semoga bisa menekan harga bawang putih yang naik ini," ujar Kepala Tim Kantor Perwakilan BI Jember M Lukman Hakim di sela-sela Rakor TPID eks Kareseidenan Besuki dan Lumajang, Selasa (30/4/2019).

Sementara itu, Pemkab Jember telah melakukan operasi pasar untuk bawang putih sebanyak 4 ton pada 25 April lalu. Operasi pasar dilakukan di empat pasar yakni Pasar Tanjung, Pasar Mangli, Pasar Kreyongan, dan Pasar Wirolegi.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved