Pemilu 2019

Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019 Di Kota Blitar Dikawal Ketat Polisi Bersenjata

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar mulai melakukan rekapitulasi hasil Pemilu 2019 tingkat Kota Blitar, Selasa (30/4/2019).

Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019 Di Kota Blitar Dikawal Ketat Polisi Bersenjata
suryamalang.com/Samsul Hadi
Polisi mengawal kedatangan kotak suara di tempat rekapitulasi tingkat Kota Blitar, di Gedung Bakti Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Blitar, Jl A Yani, Kota Blitar, Selasa (30/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar mulai melakukan rekapitulasi hasil Pemilu 2019 tingkat Kota Blitar, Selasa (30/4/2019). Proses rekapitulasi tingkat kota ditargetkan tuntas dalam sehari.

Proses rekapitulasi tingkat Kota Blitar dilkasanakan di Gedung Bakti Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Blitar, Jl A Yani, Kota Blitar. Proses rekapitulasi tingkat Kota Blitar mendapat penjagaan ketat dari Polres Blitar Kota.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan, pihaknya menerjunkan 67 personel untuk mengamankan proses rekapitulasi di tingkat Kota Blitar. Sejumlah personel itu khusus mengamankan di lokasi pelaksanaan rekapitulasi. Sebagian personel membawa senjata lengkap.

"Personel yang khusus mengamankan di lokasi rekapitulasi ada 67 orang. Tapi ada sebagian personel yang patroli di sekitar tempat rekapitulasi termasuk yang di gudang logistik. Kami ingin proses rekapitulasi berjalan aman dan lancar," kata Adewira usai mengikuti pembukaan pelaksanan rekapitulasi hasil Pemilu 2019 tingkat Kota Blitar.

Ketua KPU Kota Blitar, Setyo Budiono mengatakan, proses rekapitulasi di tingkat Kota Blitar ditargetkan tuntas dalam sehari. Kota Blitar hanya terdiri atas tiga kecamatan. Rekapitulasi tingkat kota diikuti oleh para saksi dari partai.

Jumlah saksi tiap partai ada empat orang. Tapi saksi yang boleh masuk di ruangan hanya dua orang. Sedangkan saksi lainnya menunggu di luar. "PPK juga ikut, karena yang membacakan hasil rekap di tingkat kecamatan PPK," kata Setyo Budiono.

Setyo mengatakan, KPU juga menyiapkan tenaga kesehatan di tempat rekapitulasi. Tenaga kesehatan akan mengecek kondisi kesehatan para peserta rekapitulasi dan petugas pengamanan. "Tetap kami sediakan petugas kesehatan di tempat rekapitulasi," ujarnya.

Sementara Kepala Kesbangpol dan PBD Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan, pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Blitar berjalan lancar dan aman. Mulai dari proses pemungutan hingga rekapitulasi tingkat kota tidak ada masalah. Hanya saja, ada beberapa penyelenggara yang jatuh sakit saat proses Pemilu 2019.

"Hanya ada tiga penyelenggara yang jatuh sakit, dua anggota KPPS dan satu anggota Linmas. Tidak sampai ada korban jiwa di Kota Blitar. Karena proses Pemilu kali ini terlalu panjang," tuturnya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved