Kabar Surabaya

Sambut Ramadan, Nahdlatul Ulama Jatim Sebarkan Tujuh Imbauan, Termasuk Bersih-bersih Makam

Menyambut bulan suci Ramadan 1440 H/2019 M, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur menyebarkan beberapa imbauan untuk seluruh umat Islam..

Sambut Ramadan, Nahdlatul Ulama Jatim Sebarkan Tujuh Imbauan, Termasuk Bersih-bersih Makam
pipit maulidiya
Ketua PWNU Jawa Timur, Marzuqi Mustamar 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Menyambut bulan suci Ramadan 1440 H/2019 M, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur menyebarkan beberapa imbauan untuk seluruh umat Islam dan warga NU, khususnya di Jawa Timur.

Imbauan itu berisi ajakan melakukan kegiatan syiar Ramadan, tertuang dalam surat bernomor 196/PW/A-II/L/IV/2019 tertanggal 24 Sya’ban 1440 H atau 30 April 2019.

Di dalamnya tertulis imbauan beberapa kegiatan yang merujuk pada syiar Ramadhan. Di antaranya sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan Megengan di lingkungan masing-masing dalam rangka menyukseskan Megengan Akbar di Jawa Timur.
2. Menyemarakkan Ziarah Kubur.
3. Menyelenggarakan Bersih-bersih Masjid, Musholla dan Makam di lingkungan masing-masing.
4. Mengikuti pemerintah Indonesia dan Ikhbar hasil Rukyatul Hilal Nahdlatul Ulama tentang penetapan awal dan akhir bulan Ramadhan.
5. Menyemarakkan Ramadhan dengan Tadarus (Khotmil Quran), Qiyamul Lail dan Kultum atau Kuliah Subuh di Masjid atau Musholla masing-masing.
6. Menyemarakkan pengajian dan pendalaman Kitab-kitab di Pesantren-pesantren atau kantor NU masing-masing.
7. Menyerukan kepada para Da’i atau Mubaligh NU untuk selalu menyampaikan tausyiyah Ramadhan dengan ajaran tawassuth, tasamuh dan tawazun.

“Kami berharap imbauan ini dilakukan dengan sebaik-baiknya dan istiqamah, sehingga kita dapat menambah nilai pahala di bulan Ramadan,” pesan Ketua PWNU Jawa Timur, Marzuqi Mustamar, Kamis (2/5/2019).

PWNU Jatim juga mengimbau kepada umat Islam di Indonesia untuk menjadikan Ramadan sebagai momentum untuk meningkatkan keimanan, dan memperkokoh tali persaudaraan dan persatuan dengan siapa saja.

"Jadikan bulan suci Ramadan sebagai momentum untuk introspeksi atas segala kesalahan dengan jalan memohon ampunan dan rahmat Allah SWT serta berlomba-lomba demi kebaikan," pesan Kiai Marzuqi.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved