Kabar Surabaya

BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rayakan Hari Buruh Internasional Dengan Tampil Ala Pekerja Proyek

Badan Pengelolaan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surabaya Darmo ikut memeriahkan perayaan Hari Buruh Internasional dan Hardiknas.

BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rayakan Hari Buruh Internasional Dengan Tampil Ala Pekerja Proyek
suryamalang.com/Sri Handi Lestari
Pps Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Darmo, Farida Hanum (kanan) saat menyerahkan santunan kepada ahli waris peserta atas nama Riduwan, disela perayaan hari Buruh Internasional di Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Badan Pengelolaan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surabaya Darmo, pada Kamis (2/5/2019) dan Jumat (3/5/2019) ikut memeriahkan perayaan Hari Buruh Internasional dan Hari Pendidikan Nasional.

Perayaan tersebut diisi dengan memberikan pelayanan ala pekerja proyek di kantor yang berada di kawasan Diponegoro, dan menggelar program-program terkait.

"Selain tampil ala pekerja konstruksi dalam melayani para peserta di kantor, kami juga gelar kegiatan berupa sosialisasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi peserta magang di kantor maupun industri. Mereka yang umumnya masih berstatus pelajar SMK, SMA, dan mahasiswa, bisa mendapat jaminan selama mengikuti magang," jelas Faridah Hanum, Pps Kepala Cabang Surabaya Darmo, Kamis (2/4/2019).

Pekerja magang termasuk ke dalam sektor Bukan Penerima Upah (BPU) BPJS Ketengakerjaan. Sasaran dari kegiatan adalah Badan Usaha yang melakukan permagangan di wilayah Kota Surabaya mendaftarkan pekerja magang dalam Program BPJS Ketenagakerjaan dengan iuran Rp. 16.800,- untuk pendaftaran minimal 2 program yaitu, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

"Program kedua di pekan ini, kami juga menggandeng pengelola Paud (Pendidikan Anak Usia Dini), sebagai tahap awal di wilayah Kedurus, untuk juga mendapatkan jaminan yang sama dari sektor pendidikan non formal tersebut," tambah Hanum.

Sementara itu, untuk seremonial pelayanan dalam rangka hari Buruh, Hanum juga menyerahan klaim JHT (Jaminan Hari Tua) kepada tenaga kerja yang sudah memasuki usia pensiun. Juga klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) kepada ahli waris atas nama almarhum Riduwan dari PT Bhirawa Steel, yang meninggal dunia saat sedang menjalankan tugas.

"Nilai JKK atas nama Bapak Riduwan mencapai Rp 179.799.024, dam JHT yang diterimakan sebesar Rp 6.819.980. Sehingga total pembayaran klaim diterimakan kepada ahli waris adalah Rp 186.619.004," jelas Hanum.

Hanum menambahkan, sampai dengan April 2019 Cabang Surabaya Darmo telah membayarkan 6.198 klaim dengan total Rp. 69,43 miliar. Pembayaran tersebut terdiri dari 4.975 klaim JHT sebanyak Rp 62,3 miliar, 868 klaim JKK sejumlah Rp 5,49 miliar, 48 klaim JKM total Rp 1,42 miliar dan 307 klaim JP sebesar Rp 215 juta.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved