Kabar Kediri

Di Kota Kediri Bawang Putih Langka, Gubernur Khofifah Perintahkan Gelar Operasi Pasar Di Tiga Titik

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali meninjau harga bahan pokok di pasar tradisional. Kali ini Pasar Pahing Kota Kediri di Pantau.

Di Kota Kediri Bawang Putih Langka, Gubernur Khofifah Perintahkan Gelar Operasi Pasar Di Tiga Titik
suryamalang.com/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meninjau harga bahan pokok di Pasar Pahing, Jumat (3/5/2018). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kembali meninjau harga bahan pokok di pasar tradisional. Setelah sebelumnya meninjau Pasar Wadung Asri Sidoarjo, hari ini, Jumat (3/5/2018), pasar tradisional yang disasar oleh Khofifah adalah Pasar Pahing Kota Kediri.

Tidak sendirian, saat turun meninjau harga bahan pokok di Pasar Pahing, Khofifah didampingi oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar.

Khofifah bersama Abu menyambangi satu per satu pedagang di Pasar Pahing. Terutama yang menjual komoditas bahan pokok seperti beras, telur ayam, daging ayam, daging sapi, bawang merah dan juga bawang putih.

Keduanya menanyai pedagang sejauh mana kenaikan harga bahan pokok jelang Ramadhan yang sudah masuk mulai pekan depan.

Dari pengakuan pedagang pada Khofifah dan Abu di Pasar Pahing, yang mulai merangkak naik adalah telur ayam. Saat ini harga telur ayam di Pasar Pahing adalah Rp 26 ribu per kilogram. Padahal normalnya sekitar Rp 21 ribu per kilogramnya.

Sedangkan untuk bawang merah juga sekarang masih belum normal dengan harga Rp 30 ribu per kilogramnya. Harga bawang merah ini relatif turun setelah sebelumnya Rp 40 ribu per kilogram. Padahal normalnya hanya Rp 12 ribu perkilogramnya.

"Bawang putih yang masih belum turun. Sekarang disini masih Rp 55 ribu per kilogramnya untuk bawang putih cutting. Nyarinya susah," kata Sriyani, pedagang di Pasar Pahing.

Meski harganya naik, dikatakan Sriyani, permintaan pembeli tidak turun. Pembeli, dikatakan Sriyani, membeli seadanya untuk bawang putih yang ada di Pasar Pahing.

Lebih lanjut, setelah keliling pasar, Khofifah menegaskan, Pasar Pahing ini merupakan salah satu pasar yang menjadi indikator penilaian BPS untuk harga bahan pokok.

Lantaran bawang putih hingga kini masih belum turun, hari ini ada sebanyak tiga titik operasi pasar yang digelar oleh TPID Provinsi Jawa Timur di Kediri. Yaitu di bundaran Sekartaji, Kediri Memorial Park, dan lapangan Gajah Mada. Tujuannya untuk menggelontor bawang putih untuk menurunkan harga di pasar 

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved