Ramadan 2019

Jelang 1 Ramadan 2019, Pemerintah Tetapkan Jadwal Sidang Isbat & Lokasi Pantauan Hilal di Indonesia

Jadwal sidang Isbat dan lokasi pantau Rukyatul hilal di berbagai wilayah di Indonesia.

Jelang 1 Ramadan 2019, Pemerintah Tetapkan Jadwal Sidang Isbat & Lokasi Pantauan Hilal di Indonesia
SURYAMALANG.com/Aflahul Abidin
Berita Hilal di Lamongan 

SURYAMALANG.COM – Kementrian Agama telah tetapkan sidang Isbat untuk menentukan tanggal jatuhnya 1 Ramadan 1440 Hijriah, berikut jadwalnya.

Pemerintah mengagendakan sidang Isbat untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 Ramadan 1440 Hijriah yang menjandi penanda bulan puasa.

Dilansir dari AntaraNews.com, Dirjen Bimas Islam Muhmmadiyah Amin mengungkapkan sidang Isbat penetapan 1 Ramadan akan dilaksanakan pada 29 Syaban 1440 Hijriah atau 5 Mei 2019.

Rukyatul Hilal di Pantai Desa Ambat Kecamatan Tlanakan yang digelar Kemenag Pamekasan bersama dengan Ormas Islam termasuk pengurus Tarekat Naqsabandiyah Gersempal Sampang.
Rukyatul Hilal di Pantai Desa Ambat Kecamatan Tlanakan yang digelar Kemenag Pamekasan bersama dengan Ormas Islam termasuk pengurus Tarekat Naqsabandiyah Gersempal Sampang. (KOMPAS.com)

Sidang Isbat ini akan dihadiri beberapa pihak, diantaranya Majelis Ulama Indonesia(MUI), badan Meteorologi, Klimatologidan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Duta Besar negara sahabat serta perwakilan dari DPR RI.

Acara sidang Isbat akan dimulai sejak pukul 16.00 yang diawali dengan pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kementrian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1440H.

Agenda utama sidang Isbat baru dimulai usai Magrib berdasarkan laporan hasil Rukyatul hilal di berbagai wilayah di Indonesia.

Kementrian Agama telah menurunkan sejumlah tim di seluruh wilayah Indonesia untuk memantau posisi Rukyatul hilal di setiap daerah.

Setiap tim akan melakukan pemantauan Ruykatul hilal pada 29 Syaban 1440 Hijriah yaitu yang jatuh pada 5 Mei 2019.

Total ada 34 Provinsi di Indonesia yang melakukan pemantauan Rukyatul hilal di berbagai lokasi.

Ilustrasi penentuan hilal
Ilustrasi penentuan hilal (Kompas.com)

Nanti, hasil dari pantauan tim-tim di ke 34 Provinsi akan dilaporkan kepada Kementrian Agama pada sidang Isbat yang dilaksanakan 5 Mei nanti sebagai masukan penentuan 1 Ramadan.

Halaman
1234
Penulis: Frida Anjani
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved