Kabar Kediri

Tokoh Kota Kediri Apresiasi Kinerja Pelaksana Pemilu 2019 Berjalan Sukses Dan Aman

Sejumlah tokoh Kota Kediri memberikan apresiasi pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) 2019 yang berlangsung aman lancar.

Tokoh Kota Kediri Apresiasi Kinerja Pelaksana Pemilu 2019 Berjalan Sukses Dan Aman
suryamalang.com/Didik Mashudi
Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofik 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Sejumlah tokoh di Kota Kediri memberikan apresiasi pelaksanaan pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) 2019 yang berlangsung aman lancar.

"Terima kasih kepada penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU, Bawaslu, PPK, PPS dan KPPS karena pelaksanaan pemilu 2019 di Kota Kediri mulai dari pencoblosan dan penghitungan berlangsung jujur, adil, transparan dan demokratis," ungkap KH Abdullah Abu Bakar, Ketua PC NU Kota Kediri, Kamis (2/5/2019).

Kepada jajaran aparat keamanan Polri, TNI, Linmas serta semua yang terlibat dalam kegiatan pemilu serentak juga disampaikan terima kasih karena wilayah Kota Kediri dalam kondisi aman dan kondusif.

"Kita harus menjaga kebersamaan, kerukunan dan persatuan yang selama ini telah terjalin dengan baik," ungkap pengasuh Ponpes Salafiyah Bandarkidul Kota Kediri.

Sementara H Moch Salim MPd, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Kediri juga menyampaikan terima kasih kepada KPU, Bawaslu serta jajarannya yang telah menyelenggarakan pileg dan pilpres secara jujur, adil, demokratis dan transparan.

Ungkapan senada juga disampaikan kepada aparat keamanan, tokoh agama, tokoh masyarakat serta masyarakat yang telah menjaga, keamanan, ketentraman, kedamaian sehingga pemilu berjalan dengan baik.

Sedangkan Ketua KPU Kota Kediri, Agus Rofik menyebutkan, pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara berjalan lancar. Karena semua pihak telah menyetujui dan tidak ada yang protes dan keberatan serta tidak ada kejadian khusus. "Alhamdulillah pelaksanaan mulus dan berjalan lancar," ungkapnya.

Justru tingkat partisipasi masyarakat juga melonjak tajam. Karena KPU Kota Kediri semula menargetkan tingkat partisipasi hanya 80 persen dan KPU RI 77,5 persen. Namun tingkat partisipasi masyarakat di Kota Kediri telah mencapai 86,19 persen.

Banyak faktor yang membuat tingkat partisipasi masyarakat meningkat. Seperti peserta pemilu yang getol melakukan sosialisasi, KPU Kota Kediri, PPS, Relawan Demokrasi, masyarakat dan tokoh agama juga rajin sosialisasi.

Termasuk jajaran aparat keamanan juga ikut melakukan sosialisasi. Sehingga pemilu 2019 menghasilkan animo yang tinggi tingkat dan partisipasi masyarakat meningkat tajam. "Pilpres juga menjadi daya tarik masyarakat," tambahnya.

Dari catatan KPU Kota Kediri pelaksanaan pileg 2014 tingkat partisipasi masyarakat 74 persen dan pilpres 2014 hanya 69 persen.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved