Kabar Kediri

Kunjungi Kota Kediri, Khofifah: Harga Pangan Naik Akibat Pengaruh Psikologis Jelang Ramadhan

Harga komoditi pangan di Jatim menjelang bulan Ramadhan telah mengalami kenaikan. Namun kenaikan yang terjadi karena pengaruh psikologis.

Kunjungi Kota Kediri, Khofifah: Harga Pangan Naik Akibat Pengaruh Psikologis Jelang Ramadhan
suryamalang.com/Didik Mashudi
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bersama Wali Kota, Kediri Abdullah Abu Bakar melakukan sidak harga di Pasar Pahing. 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Harga komoditi pangan di Jatim menjelang bulan Ramadhan telah mengalami kenaikan. Namun kenaikan yang terjadi karena pengaruh psikologis permintaan tinggi menjelang Ramadan.

Hal itu disampaikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa usai melakukan sidak bersama Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar ke Pasar Pahing, Jumat (3/5/2019).

Diungkapkan Gubernur, dari hasil sidak sejumlah komoditi yang mengalami kenaikan seperti harga telur dan daging ayam naik antara Rp 1.000 - Rp 2.000 per kg.

"Daging ayam harga tertinggi di Pasar Pahing Rp 32.000 per kg masih sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET). Kita berharap stoknya yang cukup sehingga harganya tidak melampaui HET," jelasnya.

Sementara terkait dengan harga bawang putih yang tidak kunjung mengalami penurunan bakal didatangkan bawang putih impor. Sesuai rencana tanggal 10 Mei mendapatkan pasokan bawang putih 15.000 ton.

Sementara kebutuhan bawang putih di Jatim setiap bulan mencapai 4.690 ton. "Kalau 15.000 ton akan turun pada tanggal 10 Mei, maka cukup untuk kebutuhan 3 bulan kedepan," jelasnya.

Di Kota Kediri telah dilakukan operasi pasar bawang putih yang digelar di tiga titik. Di antaranya Bundaran Sekartaji, depan TMP Jl PK Bangsa dan Lapangan Gajah Mada Pesantren.

"Stok bahan pokok menjelang Ramadhan cukup mulai bawang putih, bawang merah, daging, telur dan daging ayam. Namun permintaan mengalami peningkatan sehingga mengalami kenaikan," jelasnya.

Khofifah menghimbau tidak ada pihak yang memanfaatkan suasana dengan memborong dan menimbun. "Mari kita beri layanan terbaik untuk masyarakat menjelang Ramadhan dengan penuh suka cita dan dapat mengakses berbagai bahan kebutuhan pokok," jelasnya.

Pasar Pahing Kota Kediri menjadi salah satu dari 8 pasar di Jatim yang menjadi sampling Badan Pusat Statistik (BPS) komoditi bahan pokok.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved