Kabar Jember

Pemkab Jember Terapkan Aplikasi Absensi Dan Surat Elektronik, Dipantau L:angsung Dari Ruang Bupati

Pemerintah Kabupaten Jember mulai menerapkan aplikasi absensi dan surat secara elektronik dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Pemkab Jember Terapkan Aplikasi Absensi Dan Surat Elektronik, Dipantau L:angsung Dari Ruang Bupati
suryamalang.com/Sri Wahyunik
Sekda Kabupaten Jember Mirfano mencoba aplikasi absensi melalui sidik jari saat sosialisasi dan bimbingan teknis penerapan aplikasi absensi dan e-surat di lingkungan Pemkab Jember, 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten Jember mulai menerapkan aplikasi absensi dan surat secara elektronik dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Jember, Mirfano mengatakan, penerapan sistem elektronik untuk dua hal itu akan membantu cara kerja pengelolaan administrasi.

"Aplikasi ini bisa membantu cara kerja pengelolaan administrasi bisa lebih efisien," kata Mirfano, Jumat (3/5/2019).

Aplikasi itu, dikatakan Mifarno, memudahkan mengontrol surat-surat, memilah surat yang sudah maupun belum ditindaklanjuti.  DAn penerapan aplikasi itu merupakan langkah awal yang baik.

"Namun, masih banyak lagi tugas Dinas Kominfo Kabupaten Jember dalam mengembangkan teknologi informasi untuk menjadikan Jember sebuah daerah yang maju," tegas Mirfano.

Aplikasi tersebut sudah mulai diterapkan di seluruh dinas sampai kecamatan dan kelurahan. OPD juga telah berkomitmen untuk menerapkan aplikasi ini. "Meski di awal masih belum 'friendly'. Mudah-mudahan cepat dicerna," katanya.

Muda Wiguna, selaku konsultan pembuatan aplikasi Absensi dan E-Surat yang menjadi rekanan Diskominfo Jember menjelaskan, aplikasi itu bisa digunakan untuk semua kepala OPD, Eselon II,III, dan IV di masing-masing OPD. Juga digunakan oleh staf untuk operator surat masuk dan keluar berbasis web dan OS android.

Aplikasi absensi bertujuan untuk mendukung program kegiatan bupati yakni mendisiplinkan seluruh pegawai Pemerintah Kabupaten Jember.

"Jadi seluruh pegawai ASN Kabupaten Jember harus menerapkan aplikasi absensi. Sehingga mulai dari jam masuk, keluar, terlambat, izin, sakit bisa termonitor di ruangan bupati," terangnya.

Rencana aplikasi berlaku per tanggal 6 Mei. "Jadi bagi ASN yang belum mendaftarkan sidik jarinya bisa melalui Dinas Kominfo untuk pelayanan pendaftaran sidik jari," imbuhnya.

Untuk aplikasi E-surat bisa diakses diwebsite www.surat.jemberkab.go.id. Dan aplikasi absensi bisa diakses di www.absensi.jemberkab.go.id.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved