Kabar Surabaya

KPU Jatim Siapkan Sanksi untuk KPU Surabaya Jika Lampaui Batas Waktu Rekapitulasi Suara

"Berdasarkan data yang terkumpul di kami, satu-satunya KPU Kota/Kabupaten di Jatim yang belum mengumpulkan hasil adalah KPU Kota Surabaya."

KPU Jatim Siapkan Sanksi untuk KPU Surabaya Jika Lampaui Batas Waktu Rekapitulasi Suara
suryamalang.com/Bobby Constantine Koloway
Proses rekapitulasi suara tingkat provinsi Jawa Timur mulai dilakukan, Minggu (5/5/2019) di salah satu hotel di Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyiapkan sanksi bagi KPU tingkat Kabupaten/Kota yang belum menyelesaikan rekapitulasi hingga batas waktu yang ditentukan. Untuk diketahui, batas waktu terakhir Kabupaten/Kota bisa melakukan rekapitulasi adalah Selasa (7/5/2019).

"Berdasarkan data yang terkumpul di kami, satu-satunya KPU Kota/Kabupaten di Jatim yang belum mengumpulkan hasil adalah KPU Kota Surabaya," kata Komisioner KPU Jatim, Insan Qoriawan di Surabaya, Senin (6/5/2019).

Untuk sementara pihaknya menjelaskan bahwa masih menunggu Surabaya yang tengah merampungkan proses rekapitulasi. "Belum terlambat. Sebab, memang terakhir adalah tanggal 7 Mei," katanya.

Namun, apabila melampaui batas waktu, pihaknya akan menyiapkan sanksi khusus untuk KPU Surabaya. "Sanksinya administratif. Selain itu, kami sampaikan pada saat rekapitulasi suara di tingkat pusat," katanya menambahkan.

Meskipun memberikan sanksi, pihaknya mengatakan tetap akan menunggu proses rekapitulasi di Surabaya hingga selesai. "KPU Surabaya tetap akan ditunggu. Sekalipun tak bisa tepat waktu," katanya.

Sebab, Insan menjelaskan bahwa batas waktu rekap untuk tingkat provinsi masih menyisakan waktu relatif panjang, yakni pada 12 Mei 2019 nanti. "Target kami rekapitulasi provinsi bisa selesai Kamis, 9 Mei 2019. Selanjutnya, kami akan laporkan ke KPU RI," terangnya.

Untuk diketahui, KPU Jatim Mulai menggelar rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara pada pemilihan umum tahun 2019 tingkat provinsi. Berada di salah satu hotel di Surabaya, rapat pleno ini rencananya akan berlangsung selama lima hari (Minggu-Kamis, 5-9/5/2019).

Di hari pertama, 7 kota di Jatim telah selesai membacakan hasil rekapitulasi. Sementara untuk hari kedua, Senin (6/5/2019), giliran 8 kabupaten/kota lainnya. Yakni, Nganjuk, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Lumajang, dan Pacitan.

Mengutip jadwal KPU Jatim, perolehan suara dari Surabaya akan dibacakan pada sesi terakhir, Kamis (9/5/2019) mendatang. "Kami memaklumi untuk Surabaya. Sebab, sebaran penduduk di Surabaya sangat besar. Pun demikian juga dengan TPS-nya," pungkas Insan.

Sebelumnya, KPU Kota Surabaya, hari ini, Senin (6/5/2019) melanjutkan rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 di tingkat Kota Surabaya. Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Surabaya, Miftakul Ghufron menjelaskan, hari ini ada 4 kecamatan yang akan direkapitulasi yaitu Kecamatan Krembangan, Sukomanunggal, Wonokromo, dan Tandes.

"Kita mulai pukul 15.00 WIB sampai empat kecamatan tersebut selesai, tapi kalau waktunya memungkinkan bisa kita lanjutkan kecamatan lainnya," kata Ghufron, Senin (6/5/2019).

Sampai saat ini, ada tujuh kecamatan belum melakukan rekapitulasi di tingkat Kota Surabaya yaitu Kecamatan Krembangan, Sukomanunggal, Wonokromo, dan Tandes, lalu Gubeng, Mulyorejo, dan Kenjeran. "Tiga kecamatan terakhir kita rekapitulasi besok," lanjutnya.

"DPT di Surabaya memang paling besar dan TPS nya paling banyak di Jatim. Namun, sampai hari ini kami masih sesuai tahapan," ucap Ghufron. 

Alur Hitung dan Rekap Suara:
- Rekap Tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS): 17-18 April 2019
- Rekap Tingkat Kecamatan (PPK): 18 April-4 Mei 2019
- Rekap Tingkat Kabupaten/Kota: 22 April-7 Mei 2019
- Rekap Tingkat Provinsi: 22 April-12 Mei 2019
- Rekap Tingkat Nasional: 25 April-22 Mei 2019

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved