Apa itu Camp? Tema Acara Pesta Kostum Megah New York Met Gala 2019 yang Timbulkan Perdebatan

Apa itu tema "Camp"? Pertanyaan demi pertanyaan yang diluncurkan para warganet 24 jam terakhir terkait acara kostum di New York, Amerika, Met Gala

Apa itu Camp? Tema Acara Pesta Kostum Megah New York Met Gala 2019 yang Timbulkan Perdebatan
Getty Images
Kolase foto Priyanka Chopra, Nick Jonas, dan Zendaya di Met Gala 2019 tema Camp 

SURYAMALANG.COM - Apa itu tema "Camp"? Pertanyaan demi pertanyaan yang diluncurkan para warganet 24 jam terakhir terkait acara kostum megah di New York, Amerika, apa lagi kalau bukan Met Gala.

Digelar setiap hari Senin pertama di bulan Mei, tahun ini acara yang dinanti-nanti para pencinta Hollywood itu berikan tema bertajuk "Camp: Notes on Fashion".

Yang secara apik menyuguhkan berbagai penampilan artis-artis kelas dunia dengan kostum-kostum unik andalan mereka.

Ada Priyanka Chopra yang mengubah tatanan rambutnya kribo, ada Kylie Jenner dengan ornamen bulu serba ungu, ada pula Zendaya yang kenakan gaun Cinderella menyala.

Tampilan-tampilan "keluar zona aman" itulah yang timbulkan pertanyaan "Apa sebenarnya tema Met Gala 2019"?

"Camp." Tema ini dipilih oleh orang-orang hebat di balik Met Gala 2019 merujuk pada esai yang berjudul "Notes on Camp" tulisan Susan Sontag, penulis sekaligus pembuat film Amerika.

Di esainya, Sontag mencoba memaparkan bahwa "camp" adalah apa pun terkait "kecintaan terhadap hal tak lazim: dari hal-hal buatan dan dramatis".

Andrew Bolton, Kepala Kurator Met's Costume Institute mengatakan semenjak dia mengumumkan tema Met Gala untuk tahun ini, perdebatan pun merebak di tengah khalayak.

"Camp is a site of debate rather than consensus," katanya. "Camp jadi semacam perdebatan daripada kesepakatan."

Sementara Kareem Khubchandani, profesor dari Universitas Tufts yang mengajarkan A Performance Studies and Queer Studies menjelaskan bahwa untuk memahami apa itu "camp" adalah dengan memahami "a queer way" atau "cara nyeleneh".

Halaman
12
Penulis: Insani Ursha Jannati
Editor: Dyan Rekohadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved