Malang Raya

Kenaikan Harga Bawang Putih dan Tiket Pesawat jadi Pemicu Inflasi di Kota Malang

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menjamin harga bawang putih akan stabil pada 15 Mei 2019 mendatang.

Kenaikan Harga Bawang Putih dan Tiket Pesawat jadi Pemicu Inflasi di Kota Malang
sri wahyunik
Pedagang bawang merah dan bawang putih. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Naiknya harga bawang putih dan tiket pesawat menjadi pemicu utama inflasi di Kota Malang pada bulan April 2019.

Kota Malang mengalami inflasi sebesar 0,44 persen pada bulan April 2019 dan menjadi tertinggi kedua dari delapan Kota/kabupaten Indeks Harga Konsumen (IHK) di Jawa Timur (Jatim).

"Bulan ini inflasi pemicu utama adalah kenaikan harga tiket pesawat dan naiknya harga bawang putih," kata Kepala BPS Kota Malang, Sunaryo, ketika ditemui di kantornya, Selasa (7/5/2019).

Ia menyebut pada bulan April 2019 harga bawang putih di Malang naik sebesar 31,13 persen dan memiliki andil terhadap inflasi 0,13 persen. Sedangkan tiket pesawat yang mengalami keinakan harga 11,58 memiliki andil terhadap inflasi 0,3 persen.

"Selain itu bawang merah juga yang naik 24,45 persen juga memiliki andil terhadap inflasi 0,08 persen," ucap dia.

Sunaryo mengatakan inflasi year on year (yoy) Kota Malang meningkat sebesar 2,76 persen. Sementara inflasi kalender (dari Januari 2019 hingga April 2019) sebesar 0,92. Inflasi kalender Kota Malang ini juga lebih besar dari Jatim yang mengalami inflasi kalender 0,74 persen.

84 Ribu Ton Bawang Putih dari Tiongkok Masuk Jatim, Wagub Emil Dardak Bilang, Mau Bagaimana Lagi

Sebelumnya, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menjamin harga bawang putih akan stabil pada 15 Mei 2019 mendatang. Hal ini lantaran impor bawang putih yang telah dilakukan pemerintah sebanyak 84.600 ton.

"InsyaAllah untuk wilayah Jatim dan sekitarnya bawang putih akan turun kapalnya di tanggal 10 Mei di Tanjung Perak. Mudah-mudahan tanggal 15 Mei sudah bisa sampai di pasar sehingga terjadi normalisasi harga bawang putih di pasar," kata Khofifah pada Sabtu (4/5/2019) lalu ketika meninjau harga bahan pokok di Pasar Dinoyo Kota Malang

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved