Kabar Blitar

Dindik Jatim Cabang Kota Blitar Larang Siswa Konvoi Saat Pengumuman Lulusan SMA/SMK

Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar melarang siswa SMA dan SMK konvoi saat pengumuman kelulusan.

Dindik Jatim Cabang Kota Blitar Larang Siswa Konvoi Saat Pengumuman Lulusan SMA/SMK
suryamalang.com/Samsul Hadi
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Trisilo Budi Prasetyo. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar melarang siswa SMA dan SMK konvoi saat pengumuman kelulusan. Sesuai jadwal, pengumuman kelulusan SMA dan SMK akan dilakukan serentak pada Senin (13/5/2019) pekan depan.

"Kami sudah menyampaikan ke sekolah agar melarang siswanya konvoi saat kelulusan nanti," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim wilayah Kota/Kabupaten Blitar, Trisilo Budi Prasetyo, Rabu (8/5/2019).

Trisilo mengatakan, pengumuman kelulusan akan dilakukan oleh masing-masing sekolah. Sekolah bisa mengumumkan kelulusan secara online. Sedangkan jika ada siswa yang tidak lulus, dia meminta sekolah agar menyampaikan lewat surat yang diberikan langsung ke orang tua di rumah.

"Kalau ada siswa yang tidak lulus sebaiknya diberikan surat ke rumahnya. Agar siswa tidak syok," ujar Trisilo.

Dikatakannya, kelulusan SMA dan SMK ditentukan dari nilai ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Menurutnya, saat ini nilai USBN dan UNBK sudah turun. Tiap sekolah masih mengolah nilai USBN dan UNBK untuk menentukan kelulusan siswa.

"Nilainya sudah turun, sekarang sekolah masih merangkingnya," kata Trisilo.

Di sisi lain, Trisilo menyampaikan prestasi Kota Blitar dan Kabupaten Blitar naik pada USBN dan UNBK. Misalnya, untuk matapelajaran agama, nilai rata-rata Kabupaten Blitar menempati peringkat ketiga se-Jatim. Sedangkan Kota Blitar menempati peringkat keempat se-Jatim.

Untuk mata pelajaran IPS, nilai rata-rata Kota Blitar menempati peringkat tujuh se-Jatim, sedangkan Kabupaten Blitar menempati peringkat 10 se-Jatim. Sedangkan untuk matapelajaran IPA, nilai rata-rata Kota Blitar menempati peringkat ketujuh se-Jatim dan Kabupaten Blitar menempati peringkat ke 14 se-Jatim.

"Nilai rata-rata beberapa mata pelajaran itu naik dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk nilai rata-rata matapelajaran lainnya masih dirangking," katanya. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved