Pemilu 2019

Hasil Rekapituliasi DPR RI Untuk Jatim VI: PDIP Jadi Jawara Dan Guruh Sukarno Dapat Kursi Pertama

Di dapil yang meliputi Tulungagung, Kediri, Blitar, Kota Kediri, dan Kota Blitar tersebut, PDI Perjuangan meraih 748.614 suara atau 31,57 persen.

Hasil Rekapituliasi DPR RI Untuk Jatim VI: PDIP Jadi Jawara Dan Guruh Sukarno Dapat Kursi Pertama
www.pdiperjuangan.id
PDIP 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – PDI Perjuangan unggul telak di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur VI untuk pemilihan legislatif DPR RI. Di dapil yang meliputi Tulungagung, Kediri, Blitar, Kota Kediri, dan Kota Blitar tersebut, PDI Perjuangan meraih 748.614 suara atau 31,57 persen.

Dengan jumlah tersebut, PDI Perjuangan berhak mendapat tiga kursi DPR RI dari dapil Jatim VI. Guruh Sukarno Putra, menjadi calon legislatif PDI Perjuangan dengan suara terbanyak di dapil tersebut dan laik mendapat kursi pertama.

Putra Presiden RI pertama,Ir Soekarno sekaligus adik Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri ini mendapat 131.986 suara.

Selain PDI Perjuangan, beberapa partai lain yang meloloskan calegnya adalah PKB (dua kursi), Golkar (satu kursi), NasDem (satu kursi), PAN (satu kursi), dan Gerindra (satu kursi). Sementara Partai Demokrat gagal mempertahankan kursi di dapil ini.

Beberapa nama petahana di dapil Jatim ini yang lolos adalah Arteria Dahlan (PDI Perjuangan), Sarmuji (Golkar), Endro Hermono (Gerindra), An’im Falachuddin (PKB), dan Ahmad Rizki Sadig (PAN). Sementara Eva Kusuma Sundari hingga Budi Yuwono (PDI Perjuangan) gagal kembali ke DPR RI. Sedangkab Caleg PDI Perjuangan berlatarbelakang artis, Ronnie Sianturi juga gagal lolos kalo ini.

Beberapa nama kondang lain yang gagal di dapil ini adalah Mahardika Suprapto, caleg Gerindra nomor urut 1. Mahardika adalah cucu Bung Karno sekaligus putra bungsu Rachmawati Soekarnoputri. Sebelum terjun ke dunia politik, Didi juga sempat dekat dengan Vanessa Angel, artis muda, sebelum akhirnya berpisah pada 2017 silam.

Selain Didi, ada pula nama artis senior, Vena Melinda yang gagal lolos ke parlemen. Di pemilu 2019, mantan politisi senayan dari Partai Demokrat ini, menjadi Caleg Partai NasDem nomor urut 1. Namun, ia kalah bersaing dari rekan separtainya, Nurhadi yang menjadi caleg dengan suara terbanyak (57.143 suara). Selisih Vena dengan mantan Anggota DPRD Kota Kediri ini pun cukup tipis, hanya 83 suara saja.

Selain Vena, Caleg NasDem lain, Gede Ariyuda juga gagal. Besan Soekarwo (Pakde Karwo), mantan Gubernur Jatim dua periode ini, terpaksa harus menunda keinginannya lolos ke parlemen setelah baru mengumpulkan 18.230 suara.

Sementara itu, Proses rekapitulasi tingkat provinsi di Jatim masih menyisakan 15 kabupaten/kota yang akan dibacakan pada Rabu-Kamis (8-9/5/2019). Sesuai jadwal KPU Jatim akan membacakan hasil rekapitulasi untuk Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Madiun, dan Magetan pada Rabu (5/8/2019).

Komisioner KPU Jatim, Insan Qoriawan menjelaskan, proses rekapitulasi tersebut relatif tak banyak menemui kendala. Meskipun demikian, pihaknya tak memungkiri masih adanya beberapa persoalan dalam sinkronisasi data. ”Misalnya, untuk data pemilih dengan data pengguna hak pilih. Ada yang perlu diperbaiki,” kata Insan dikonfirmasi, Rabu (8/5/2019).

Namun, ia memastikan tak akan mengubah perolehan suara masing-masing peserta pemilu. ”Sebab, persoalan ini hanya pada persoalan administratf saja,” pungkasnya. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved