Malang Raya

Belum Juga Diresmikan, Tol Malang-Pandaan Kembali Lakukan Uji Layak Fungsi Kementerian PUPR

Tol yang terdiri dari lima seksi itu, sudah merampungkan tiga seksi pembangunnannya yakni untuk seksi I,II dan III antara Pandaan-Singosari.

Ist
Pintu Masuk Tol Singosari, Kabupaten Malang 

SURYAMALANG.COM, SINGOSARI - Hingga kini, Tol Malang-Pandaan (Mapan) belum juga dioperasikan meski pembangunannya sudah berjalan sekitar 80 persen.

Tol yang terdiri dari lima seksi itu, sudah merampungkan tiga seksi pembangunnannya yakni untuk seksi I,II dan III antara Pandaan-Singosari. Sementara untuk seksi IV dan V antara Singosari dan Madyopuro hingga kini masih dalam proses pengerjaan.

Direktur Utama PT Jasa Marga Tol Malang-Pandaan, Agus Purnomo mengatakan, pihaknya kini masih menunggu kabar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurutnya, sejak Rabu (8/5) kemarin Kementerian PUPR telah melakukan uji layak fungsi kembali untuk seksi I,II dan III. "Selama tiga hari ini, mulai tanggal 8-10 Mei 2019 mereka melakukan uji layak fungsi lagi sebelum diresmikan nanti," ucapnya.

Dijelaskan Agus, usai Kementerian PUPR melakukan uji layak fungsi, pihaknya tinggal menunggu keluarnya sertifikat. Apabila sertifikat tersebut sudah keluar, maka Tol Mapan akan bisa diresmikan.

"Target kami sebelum lebaran sudah bisa diresmikan. Kini kami masih menunggu keputusan dari pusat saja," ucapnya.

Agus mengatakan, pihaknya juga sedang melakukan sejumlah perbaikan sebelum Tol Mapan ini diresmikan. Di antaranya dengan memasang rambu-rambu rawan kabut yang telah dipasang di dua titik yakni di Lawang dan Purwodadi.

"Tim kami saat ini masih melakukan pengecatan jalan dan pemasangan rambu lalu-lintas di sisi pintu tol Purwodadi dan Singosari, agar pada waktu proses peresmian nanti semuanya sudah komplit," ucapnya.

Agus berharap, sebelum lebaran nanti izin operasional telah keluar dan masyarakat sudah bisa mempergunakannya untuk mudik. "Meski yang diresmikan nanti hanya seksi I,II dan III, diharapkan nantinya bisa memperlancar transportasi masyarakat pada saat arus mudik dan Lebaran 2019," terangnya.

Sementara terkait dengan Underpass Karanglo, dikatakan Agus, pihaknya juga masih menunggu uji layak fungsi dari pusat. Rencananya, uji layak fungsi akan dilakukan pada pekan ini.

Meski demikian, Agus belum bisa memastikan di tanggal berapa uji layak fungsi itu akan digelar. "Yang pasti pada minggu ini. Semoga saja kedua proyek kami ini bisa segera diresmikan sebelum lebaran," tandasnya.

Seperti diketahui, pembangunan Jalan Tol Malang-Pandaan ini menghabiskan dana Rp 5,97 Triliun sepanjang 38,48 Kilometer.

Seksi satu meliputi Pandaan sampai Purwodadi, Seksi dua Purwodadi sampai Lawang, Seksi tiga Lawang sampai Singosari, Seksi empat Singosari sampai Pakis, dan terkahir seksi lima Pakis sampai Sawojajar.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved