Kabar Surabaya

Dishub Gelar Ram Chek Bus Di Terminal Purabaya Sidoarjo, Satu Bus Diusir Setelah Ketahuan Kaca Retak

Petugas Dishub Kota Surabaya bersama jajaran kepolisian menggelar Ram Check untuk semua kendaraan bus di Terminal Purabaya, Bungurasih,

Dishub Gelar Ram Chek Bus Di Terminal Purabaya Sidoarjo, Satu Bus Diusir Setelah Ketahuan Kaca Retak
suryamalang.com/Nuraini Faiq
Petugas Dishub Kota Surabaya dan polisi saat mengecek Kelaikan jalan bus-bus di Terminal Purabaya, Sidoarjo. 

 SURYAMALANG.COM, SURABAYA  - Petugas Dishub Kota Surabaya bersama jajaran kepolisian menggelar Ram Check untuk semua kendaraan bus di Terminal Purabaya, Bungurasih, Waru, Sidoarjo, Rabu (8/5/2019). Cek kendaraan angkutan Lebaran ini untuk mengetahui Kelaikan jalan bus.

Begitu ketahuan ada bus tak laik, petugas langsung mengusir bus ini keluar dari terminal setelah ditilang. "Ada satu bus terpaksa kami usir yaitu PO Restu yang ketahuan kaca depan pecah. Ini bahaya," keta Kepala Sub Unit Terminal Purabaya, Imam Hidayat.

PO Restu Jurusan Ponorogo itu dinyatakan tak laik jalan karena tidak saja kaca depan retak. Bus ini juga kedapatan atap keropos sehingga membahayakan bagi penumpang.

Dalam Ram check menjelang mudik di Terminal Purabaya itu dilakukan pengecekan menyeluruh atas kondisi kenderaan. Selain kelengkapan dokumen dan surat kendaraan termasuk buku uji kendaraan atau uji kir, juga fungsional setiap kendaraan. 

Mulai dari lampu sign, lampu utama, jarum speedometer, sabuk pengaman, kondisi ban, fasilitas pelengkap kebakaran, hingga kipas wiper kaca juga dicek. "Hari ini kami mengecek acak 17 kendaraan," jelas Imam. 

Secara umum masih laik. Hanya ada satu bus PO Restu N 7818 UG yang tak laik. Selain itu juga ditemukan dua bus yang tidak memiliki buku uji kendaraan. Keduanya ditilang karena tak bisa menunjukkan bukti buku uji kendaraan berkala. 

"Bagi bus yang layak kita tempeli stiker angkutan Lebaran 2019. Stiker ini menunjukkan bahwa kendaraan layak sebagai angkutan Lebaran," kata Imam.

Pengecekan kondisi Kelaikan kendaraan umum angkutan mudik itu akan terus digelar hingga menjelang masa angkutan Lebaran nanti. 

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved