Kabar Tulungagung

Hasil UN SMA/SMK Diumumkan, Kacab Dinas Klaim Tulungagung Dan Trenggalek Masuk 10 Besar

Hasil UN SMK Kabupaten Trenggalek dan Tulungagung masuk 10 besar Jawa Timur. Prestasi ini diraih individu siswa dari SMKN 1 Tulungagung.

Hasil UN SMA/SMK Diumumkan, Kacab Dinas Klaim Tulungagung Dan Trenggalek Masuk 10 Besar
suryamalang.com/David Yohanes
Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur wilayah Tulungaung, Solikin. 

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGUNG - Hari ini hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan SMK diumumkan di Kabupaten Tulungagung.

Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi wilayah Tulungagung, Solikin mengatakan, ada hasil signifikan. Jumlah siswa yang nilai rata-ratanya kurang dari 5,5 turun menjadi 52 persen. Padahal tahun lalu jumlah siswa dengan rerata nilai di bawah 5,5 mencapai 85 persen.

“Prestasi ini berlaku di seluruh Jawa Timur. Tulungagung dan Trenggalek juga sama,” kata Solikin, yang membawahi dua kabupaten, Tulungagung dan Trenggalek tersebut.

Untuk hasil UN SMK, Solikin memastikan, Kabupaten Trenggalek dan Tulungagung masuk 10 besar Jawa Timur. Prestasi ini diraih individu siswa, dari SMKN 1 Tulungagung dan SMKN Pogalan Trenggalek. Nantinya Cabang Dinas juga akan memberikan apresisasi untuk siswa ranking 1 hingga 3 tingkat kabupaten, baik SMA maupun SMK.

“Apresiasinya dalam bentuk uang, biar bisa dipakai daftar ke perguruan tinggi,” ucap Solikin.

Nilai setiap siswa saat ini sudah ada di setiap sekolah. Kepala sekolah kemudian membuat peringkat masing-masing siswa. Hasilnya akan dikirim ke Kantor Cabang Dinas untuk dibuat peringkat kabupaten. “Dari kabupaten kemudian hasilnya dikirim ke provinsi, untuk dibuat peringkat di sana,” ujar Solikin.

Untuk pengumuman akan dilakukan pada 13 Mei 2019 mendatang di setiap sekolah. Teknisnya, nanti setiap siswa yang tidak lulus akan dikirimi surat melalui kurir ke rumah masing-masing. Siswa yang tidak menerima surat, berarti dipastikan lulus.

“Jadi tunggu di rumah saja. Kalau tidak menerima surat, berarti lulus, yang menerima surat berarti tidak lulus,” tegas Solikin.

Cabang Dinas Pendidikan Jatim wilayah Tulungagung mengeluarkan larangan arak-arakan selama kelulusan. Namun sejauh ini belum ada paparan teknis pelarangan ini di tingkat sekolah. 

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved