Kabar Jember

Pekan Pertama Ramadan, Harga Bawang Putih Di Jember Berangsur Turun

Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Jember intensif memantau harga sejumlah komoditas di pekan pertama bulan Ramadan.

Pekan Pertama Ramadan, Harga Bawang Putih Di Jember Berangsur Turun
suryamalang.com/Sri Wahyunik
Tim Satgas Pangan Jember pantau harga daging sapi di Pasar Tanjung 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Jember intensif memantau harga sejumlah komoditas di pekan pertama bulan Ramadan, Rabu (8/5/2019). Pemantauan harga dilakukan di empat pasar yakni di Pasar Tanjung, Mangli, Kreongan, dan Bungur.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Pemkab Jember, Indah Dwi Budi Artini mengatakan, harga komoditi cenderung normal. "Dari pemantauan hari ini harga-harga cenderung normal. Seperti harga daging ayam ras, telur, juga daging sapi," kata Indah.

Dari pantauan Suryamalang.com di Pasar Tanjung, Satgas Pangan mendatangi pedagang aneka komoditas. Petugas mendatangi blok penjualan daging sapi. Di blok tersebut harga daging sapi berkisar di antara Rp 120.000 - Rp 130.000 per kilogram. Harga Rp 130.000 per kilogram untuk jenis daging has dalam (kualitas super).

Setelahnya, petugas memantau harga daging ayam ras, juga ayam kampung, dan telur. Penjual aneka sayur mayur juga tidak luput dari pantauan. Petugas menanyakan sejumlah komoditas pertanian sayuran seperti tomat sayur, wortel dan sebagainya.

Terakhir, petugas mendatangi blok penjualan bawang putih. "Bawang putih yang beberapa pekan kemarin harganya melonjak, sudah mulai berangsur turun. Harga di kisaran antara Rp 40.000 - Rp 45.000 per kilogram di tingkat pengecer," imbuh Indah.

Pihaknya bakal terus memantau harga komoditas kebutuhan masyarakat ini selama bulan Ramadan, sampai Lebaran mendatang.

"Kami pastikan ketersediaan stok barang ada, jadi saya harapkan harga-harga tetap stabil. Jangan ada yang memanfaatkan momen Ramadan ini dengan menaikkan harga," tegas Indah.

Indah menegaskan, pasokan barang di Jember mencukupi sampai bulan Juli mendatang. Pasokan ayam mencapai 5.915 ton, daging sapi mencapai 550 ton. Sedangkan pasokan telur ayam ras mencapai 3.800 ton, pasokan gula 3.000 tontepung terigu 2 ton, dan minyak goreng mencapai 4.000 liter.

Dan khusus untuk pasokan beras berdasarkan laporan dari Bulog Jember mencapai 36.000 ton, dan ketersediaan ini aman sampai Maret 2020.

Dari pantauan itu, terpantau harga daging ayam ras di kisaran Rp 32.000 - Rp 33.000 per kilogram. Menurut salah satu pedagang ayam di Pasar Tanjung, Devi, harga ini sudah turun dibandingkan sehari sebelumnya. "Kemarin sempat di harga Rp 35.000 per kilogram, sekarang sudah turun," ujar Devi.

Sementara harga ayam kampung mencapai Rp 60.000 per kilogram. Sedangkan telur di kisaran Rp 22.500 - Rp 23.000 per kilogram per Selasa (8/5/2019). Harga ini sudah turun dibandingkan sehari sebelumnya di angka Rp 24.000 per kilogram.

"Kalau untuk harga daging sapi stabil beberapa tahun terakhir. Sekarang harganya di kisaran Rp 120.000 dan Rp 130.000 untuk kualitas super per kilogram," ujar Halimatus, penjual daging sapi.

Sementara itu, harga bawang putih dari pantauan Suryamalang.com memang cenderung turun. Harga di tingkat grosir berkisar Rp 35.000 per kilogram pada penjualan Selasa (8/5/2019). Harga ini di tingkat eceran sekitar Rp 40.000. Namun kalau pedagang eceran 'kulak' kemarin, maka harganya masih sekitar Rp 40.000, sehingga akan dijual di kisaran Rp 45.000 per kilogram.

"Harga di tingkat grosir sudah terus turun dalam tiga hari terakhir. Memang beberapa pekan ini sempat mahal karena pasokan barang tidak ada. Saya pesan barang di Surabaya memang tidak ada. Sekarang sudah mulai datang, sehingga harga berangsur turun," ujar Edy, seorang pedagang grosir bawang putih.

Harga tertinggi eceran bawang putih di Kabupaten Jember mencapai Rp 60.000 per kilogram. Harga tertinggi ini terjadi mulai H-2 hari Puasa. Namun sejak Senin (6/5/2019) harga mulai berangsur turun.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved