Pemilu 2019

Rekapitulasi Sementara KPU Jatim Untuk Pilpres: Prabowo-Sandi Baru Menang Di Tiga Kabupaten

Dari 31 kabupaten/kota yang telah dihitung hingga Rabu (8/5/2019), paslon yang diusung koalisi sepuluh partai ini unggul di 28 kabupaten maupun kota.

Rekapitulasi Sementara KPU Jatim Untuk Pilpres: Prabowo-Sandi Baru Menang Di Tiga Kabupaten
suryamalang.com/Bobby Constantine Koloway
Proses rekapitulasi suara tingkat provinsi Jawa Timur. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Hasil rekapitulasi suara sementara pemilu 2019 tingkat provinsi di Jawa Timur masih menunjukkan keunggulan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin dengan persentase cukup telak.

Dari 31 kabupaten/kota yang telah dihitung hingga Rabu (8/5/2019), paslon yang diusung koalisi sepuluh partai ini unggul di 28 kabupaten maupun kota dengan persentase kemenangan mencapai 69,92 persen dari total suara.

Jokowi-Ma’ruf mendapat total 13.200.391 suara dari total suara yang dihitung yakni sebesar 18.879.930 suara. Persentase kemenangan terbesar masih ada di Kabupaten Blitar yang mencapai 85,21 persen. Di daerah tersebut, Jokowi-Ma’ruf mendapatkan 638.096 suara.

Beberapa daerah yang menyusul dimenangkan Jokowi-Ma’ruf adalah Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, hingga Magetan. Bahkan, persentase kemenangan di Jombang mencapai 76,64 persen berbanding dengan 23,36 persen.

Sementara itu, calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno baru menang di tiga daerah. Yakni, Pacitan, Bondowoso, dan Situbondo. Khusus, untuk Situbondo, persentase kemenangan Prabowo-Sandi cukup tipis, kurang dari satu persen.

Prabowo-Sandi mendapatkan suara 203.812 suara (50,13 persen) sedangkan Jokowi-Ma’ruf mendapat 202.789 suara (49,87 persen).

Praktis, rekapitulasi suara menyisakan tujuh kabupaten/kota yang akan dihitung di hari terakhir target waktu KPU Jatim, Kamis (9/5/2019). Kelima daerah tersebut yakni empat kabupaten di Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep), serta Malang, Kota Malang dan Surabaya. Meskipun demikian, total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di ketujuh daerah tersebut masih mencapai sekitar 12 juta suara (40 persen dari DPT di Jatim).

Komisioner KPU Jatim, Insan Qoriawan menjelaskan, proses rekapitulasi suara tingkat provinsi masih relatif lancar. Namun, sejumlah perbaikan data pemilih masih terus dilakukan di beberapa daerah atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Baawaslu) Jatim.

”Bawaslu Jatim sempat memerintahkan kami untuk mencocokan DA1 Plano dengan DB1 di Kabupaten Probolinggo. Ternyata, ada perubahan suara di salah satu partai politik. Namun, secara umum rekapitulasi masih berjalan lancar,” kata Insan ketika dikonfirmasi, Kamis (9/5/2019). 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved