Pemilu 2019

Hasil Rekapitulasi DPR RI Dapil Jatim VII: Ibas Masih Teratas, Johan Budi Kunci Kursi Ketujuh

Partai Demokrat melalui dua calon legislatifnya, Edhie Baskoro Yudhoyono dan Sartono kembali sukses mempertahankan dua kursi DPR RI.

Hasil Rekapitulasi DPR RI Dapil Jatim VII: Ibas Masih Teratas, Johan Budi Kunci Kursi Ketujuh
suryamalang.com/Bobby Constantine Koloway
Proses rekapitulasi suara tingkat provinsi Jawa Timur 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA – Partai Demokrat melalui dua calon legislatifnya, Edhie Baskoro Yudhoyono dan Sartono kembali sukses mempertahankan dua kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jatim VII. Bahkan, di dapil yang membawahi Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Magetan, dan Trenggalek ini, Ibas (sapaan Edhie Baskoro) menjadi caleg pengumpul suara terbanyak.

Putra bungsu Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengumpulkan suara terbanyak dari Pacitan (120.742 suara). Total di lima kabupaten tersebut, Ibas mendapat 263.510 suara dan menjadi caleg dengan suara terbanyak di dapil ini.

Selain Demokrat, PDI Perjuangan juga sukses mengunci dua kursi di dapil ini, meningkat satu kursi dari pemilu 2014. Adalah Ina Ammania (76.792 suara) dan Johan Budi Saptopribowo (76.395 suara) yang sukses mengunci kursi pertama dan ketujuh dari delapan kursi DPR RI yang diperebutkan. Nama keduanya pun harus menggeser politisi senior PDI Perjuangan lainnya, Budiman Sudjatmiko.

Peningkatan kursi PDI Perjuangan sekaligus membuat PKS harus kehilangan kursi. PKS pada pemilu kali ini baru mengumpulkan 95.872 suara (4,62 persen).

Partai lain yang juga ikut mencuri perhatian adalah NasDem. Partai bernomor urut lima ini sukses kembali mempertahankan satu kursi sama seperti perolehan pada pemilu 2014 silam.

Bedanya, kini caleg terpilih dari NasDem adalah Sri Wahyuni yang menggantikan petahana dari NasDem, Yayuk Sri Rahayu Ningsih. Sri Wahyuni yang juga istri dari Bupati Ponorogo, Ipong Muslichsonni ini mendapat suara signifikan di Ponorogo (134.301 suara) dan unggul jauh dari Yayuk yang baru mengumpulkan secara total sebanyak 46.745 suara.

Sementara itu, rekapitulasi suara menyisakan tujuh kabupaten/kota yang akan dihitung di hari terakhir target waktu KPU Jatim, Kamis (9/5/2019). Kelima daerah tersebut yakni empat kabupaten di Madura (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep), serta Malang, Kota Malang dan Surabaya. Meskipun demikian, total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di ketujuh daerah tersebut masih mencapai sekitar 12 juta suara (40 persen dari DPT di Jatim).

Komisioner KPU Jatim, Insan Qoriawan menjelaskan, proses rekapitulasi suara tingkat provinsi masih relatif lancar. Namun, sejumlah perbaikan data pemilih masih terus dilakukan di beberapa daerah atas rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Baawaslu) Jatim.

”Bawaslu Jatim sempat memerintahkan kami untuk mencocokan DA1 Plano dengan DB1 di Kabupaten Probolinggo. Ternyata, ada perubahan suara di salah satu partai politik. Namun, secara umum rekapitulasi masih berjalan lancar,” kata Insan dikonfirmasi, Kamis (9/5/2019). 

Perolehan Kursi DPR RI Dapil Jatim VII Menggunakan Metode Saint League:

Kursi Pertama (PDI Perjuangan): Ina Ammania (76.792 suara)
Kursi Kedua (Demokrat): Edhie Baskoro Yudhoyono (263.510 suara)
Kursi Ketiga (NasDem): Sri Wahyuni (161.102 suara)
Kursi Keempat (PKB): Ibnu Multazam (88.426 suara)
Kursi Kelima (Golkar): Gatot Sudjito (100.254 suara)
Kursi Keenam (Gerindra): Supriyanto (57.113 suara)
Kursi Ketujuh (PDI Perjuangan): Johan Budi Saptopribowo (76.395 suara)
Kursi Kedelapan (Demokrat): Sartono (62.757 suara)

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved