Kabar Jember

Waspada Jalur Nasional Gunung Gumitir Jember, Angin Kencang Rawan Pohon Tumbang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mengimbau masyarakat mewaspadai angin kencang awal kemarau melanda jalur Jember - Banyuwangi.

Waspada Jalur Nasional Gunung Gumitir Jember, Angin Kencang Rawan Pohon Tumbang
Ist
Ppemotongan pohon tumbang di jalur Gunung Gumitir ruas Jember - Banyuwangi. 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember mengimbau masyarakat mewaspadai angin kencang awal kemarau melanda jalur Jember - Banyuwangi di Gunung Gumitir Kecamatan Silo, Jember.

Pasalnya, angin kencang berpotensi merobohkan pohon besar di jalur nasional penghubung dua kabupaten sekaligus jalur Pulau Jawa - Pulau Bali sisi selatan tersebut.

Seperti yang terjadi pada Kamis (9/5/2019) malam, sebuah pohon tumbang di Watu Gudang Gunung Gumitir Desa Sidomulyo Kecamatan Silo, Jember, pukul 21.30 Wib. Pohon berdiameter kurang lebih 2 meter itu tumbang akibat angin kencang. Pohon tumbang itu menyebabkan jalan tersebut tertutup total.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jember dibantu personel dari beberapa instansi lain membersihkan pohon tumbang itu hingga pukul 23.30 Wib. Tumbangnya pohon itu membuat kemacetan panjang di jalur tersebut sepanjang 10 kilometer baik dari arah Jember, maupun dari arah Banyuwangi.

Tengah malam, barulah jalur tersebut bisa dibuka untuk akses lalu lintas.

Kepala BPBD Jember M Rasyid Zakaria mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai angin kencang di awal-awal musim kemarau ini.

"Kami imbau kepada masyarakat untuk mewaspadai angin kencang memasuki musim kemarau. Kami juga merekomendasikan perlunya pemotongan pohon yang sudah lapuk oleh dinas terkait, supaya tidak membahayakan pengguna jalan," ujar Rasyid, Jumat (10/5/2019).

Beruntung pohon tumbang yang terjadi Kamis (9/5/2019) malam itu tidak menimbulkan korban. Pohon tumbang di jalur Gumitir ini bukan kali ini saja terjadi. Dari catatan, sebelum ini, setidaknya ada dua kejadian pohon tumbang sehingga mengganggu arus lalu lintas. Kedua kejadian terjadi di musim penghujan, antara lain terjadi pada Januari 2019 lalu.

Jalur Gumitir merupakan salah satu jalur nasional di Kabupaten Jember yang rawan terjadi pohon tumbang dan tanah longsor. Karenanya, sebaiknya pengguna jalan berhati-hati di jalur tersebut, apalagi jika hujan deras.

Jalur ini adalah jalur pemudik saat Lebaran. Sudah menjadi pemandangan umum, pemudik dari Bali melintasi jalur itu untuk menuju sejumlah kabupaten di Pulau Jawa. Begitu juga sebaliknya, pemudik yang menuju Banyuwangi akan melintasi jalur tersebut.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved