Malang Raya

Jokowi Resmikan Tol Pandaan-Malang, Kemacetan Diklaim Berkurang 70 Persen

Tol ini diklaim dapat mengurangi kemacetan hingga 70 persen dan memangkas waktu tempuh Malang ke Pandaan, Pasuruan hanya dalam waktu satu jam.

Jokowi Resmikan Tol Pandaan-Malang, Kemacetan Diklaim Berkurang 70 Persen
suryamalang.com/Hayu Yudha Prabowo
Presiden Joko Widodo meninjau gerbang tol dalam peresmian tol Malang-Pandaan (Mapan) seksi 1, 2 dan 3 di gerbang tol Singosari, Kabupaten Malang, Senin (13/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

SURYAMALANG.COM, SINGOSARI - Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Pandaan-Malang seksi I sampai III pada Senin (13/5/2019). Lokasi peresmian berada di Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang.

Jokowi hadir sekitar pukul 10.30 WIB dan langsung disambut oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Sumarno dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Hadir pula Wali Kota Malang Sutiaji, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakil Bupati Malang Sanusi.

Setelah bersalaman dan meninjau maket proyek Tol Pandaan-Malang, Jokowi lantas naik ke panggung untuk memberikan sambutan dan meresmian jalan tol sepanjang 30,6 Km itu.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan Tol Pandaan-Malang," kata Jokowi, Senin (13/5/2019).

Tol Pandaan-Malang memiliki panjang 38,4 Km dan terdiri dari lima seksi. Seksi 1 menghubungkan Pandaan hingga Purwodadi, seksi 2 menyambungkan Purwodadi hingga Lawang, seksi 3 Purwodadi ke Singosari, Seksi 4 Singosari ke Pakis dan seksi 5 menghubungkan Pakis ke Kota Malang.

Jokowi mengatakan, kehadiran Tol Pandaan-Malang sangat ditunggu masyarakat sebagai solusi atas kemacetan yang selama ini terjadi. Tol ini diklaim dapat mengurangi kemacetan hingga 70 persen dan memangkas waktu tempuh Malang ke Pandaan, Pasuruan hanya dalam waktu satu jam.

"Yang sebelumnya ditempuh bisa sampai 3,5 jam, sekarang ini diperkirakan hanya 1 jam," kata dia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, dengan adanya Tol Pandaan-Malang mobilitas barang dan jasa akan semakin lancar. Selain itu, adanya tol itu juga disebut bisa berdampak pada peningkatan pariwisata di kawasan Malang Raya.

"Kami harapkan Malang Raya sebagai sentra pariwisata juga dibidang pendidikan, dengan adanya tol ini bisa membantu," ucapnya.

Saat ini, pembangunan Tol Pandaan-Malang menyisakan dua seksi sepanjang 7,8 Km yang belum rampung. Total nilai investasi atas proyek ini sebesar Rp 5,7 Triliun.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved