Kabar Trenggalek

Pemkab Trenggalek Akan Gelar Adipura Desa, Total Hadiah Disediakan Capai Rp 1,9 Miliar

Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan menyelenggarakan penghargaan Adipura Desa. Mirip seperti Adipura yang digelar oleh Kementerian LH Dan Kehutanan.

Pemkab Trenggalek Akan Gelar Adipura Desa, Total Hadiah Disediakan Capai Rp 1,9 Miliar
suryamalang.com/Aflahul Abidin
Rapat pematangan anugerah Adipura Desa yang bakal digelar oleh Pemkab Trenggalek, Senin (13/5/2019). 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK – Pemerintah Kabupaten Trenggalek akan menyelenggarakan penghargaan Adipura Desa. Mirip seperti Adipura yang digelar oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Adipura Desa juga berfokus pada isu kebersihan dan pengelolaan lingkungan.

Rencana gelaran itu dimatangkan dalam rapat yang dilaksanakan, Senin (13/5/2019). Rencananya, proses pembenahan masing-masing desa dan penilaian bakal berlangsung selama 6 bulan, mulai Juli sampai Desember 2019. Sementara penyerahan penghargaan bakal dilaksanakan pada 31 Desember 2019.

Plt Bupati Trenggalek M Nur Arifin mengatakan, total hadiah yang akan diberikan kepada pemenang Adipura Desa Rp 1,9 miliar. Dana itu akan diberikan untuk tiga juara di tiga kategori, yakni desa besar, sedang, dan kecil.
Desa di Trenggalek berjumlah 157.

Yang masuk dalam kategori besar adalah desa yang jumlah warganya di atas 1.500. Sementara desa sedang memiliki jumlah warga antara 1.000 sampai 1.500. Desa kecil meliputi daerah dengan jumlah warga di bawah 1.000.

“Juara utama di tiap kategori akan mendapat hadiah Rp 400 juta, juara madya Rp 200 juta, dan juara pratama Rp 100 juta,” kata pria yang akrab disapa Gus Ipin itu, usai memimpin rapat.

Hadiah yang diberikan cukup besar karena, kata dia, tolok ukur untuk mendapatkan anugerah itu juga cukup berat. Aspek regulasi desa, pengolahan sampah, sanitasi, dan kerja sama antarmasyarakat harus diutamakan.

“Kami harap dampaknya dengan Adipura Desa ini lebih meluas. Dengan dana itu, kami bisa menjangkau kebersihan di seluruh kabupaten. Kalau selama ini, kami bikin program, banyak program, tapi yang kami jangkau hanya parsial-parsial,” ujar Gus Ipin.

Gus Ipin mengatakan, seluruh daerah di Trenggalek bisa mengikuti anugerah Adiupra Desa. Desa yang selama ini terbelakang pun punya kesempatan buat memang. Soalnya, penilaian untuk itu berdasarakan pada progres pembenahan desa dalam enam bulan terakhir. Bukan sekadar hasil akhir.

“Rencananya ini akan kami gelar tiap tahun. Penilaiannya nanti lintas sektor. Karena ini yang pertama, kami masih akan melibatkan OPD (Organisasi Perangkat Daerah Teknis). Di instansi lain, kami melibatkan forum kesehatan daerah dan Tim Penggerak PKK,” pungkasnya. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved