Kabar Tulungagung

Sebanyak 239 Desa Akan Ikut Pilkades Serentak Di Tulungagung, Hari Ini Pendaftaran Cakades Dimulai

Dari 257 desa di Tulungagung, 239 desa di antaranya akan mengikuti Pilkades serentak. Jadi hanya 18 desa yang tidak ikut Pilkades serentak.

Sebanyak 239 Desa Akan Ikut Pilkades Serentak Di Tulungagung, Hari Ini Pendaftaran Cakades Dimulai
suryamalang.com/David Yohanes
Kepala Bagian Adiministrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Tulungagung, Usmalik. 

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGUNG - Kabupaten Tulungagung akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 9 Juli 2019 mendatang.

Dari 257 desa di 19 kecamatan, 239 desa di antaranya akan mengikuti Pilkades serentak. Jadi hanya 18 desa yang tidak ikut Pilkades serentak.

Kepala Bagian Adiministrasi Pemerintahan Setda Kabupaten Tulungagung, Usmalik mengatakan, ada 192 kepala desa (Kades) yang habis masa jabatannya pada 17 Juni nanti.

“Desa-desa yang habis masa jabatannya sebelum Pilkades, maka jabatan Kades akan dipegang seorang Pj,” kata Usmalik.

Selain itu, ada empat kepala desa habis masa jabatannya pada 2020, namun juga ikut Pilkades serentak 2019 ini. Kades aktif yang mendaftar sebagai Calon Kades (Cakades), harus mengajukan cuti.

Setelah resmi ditetapkan sebagai Cakades, maka Kades yang masih aktif ini harus mengundurkan diri. “Secara prinsip, Pilkades ini tidak boleh mengurangi masa jabatan Kades,” ujar Usmalik.

Pendaftaran Cakades akan dimulai hari ini, Selasa (14/5/2019) hingga Jumat (24/5/2019) nanti. Setiap desa maksimal hanya boleh ada lima Cakades. Jika pendaftar lebih dari lima, maka akan dilakukan tes penyaringan.

Lima orang yang lolos penyaringan selanjutnya ditetapkan sebagai Cakades. “Penetapan Cakades yang ikut dalam Pilakdes serentak akan dilaksanakan 27 Mei 2019,” sambung Usmalik.

Untuk gelaran Pilkades serentak ini, Pemkab Tulungagung sudah menganggarkan Rp 15 miliar. Anggaran sebesar itu untuk tahapan Pilkades, pelaksanaan, hingga pelantikan Kades terpilih.

Pelantikan Kades terpilih akan dilakukan sekitar bulan September 2019.  “Seluruh proses tahapan, pelaksanaan hingga pelantikan diperkirakan membutuhkan waktu 74 hari," imbuh Usmalik.

Tahapan Pilkades yang tengah berjalan adalan tahap pendataan pemilih dan penyusunan jadwal Pilkades. Pemkab juga sudah melakukan sosialisasi ke seluruh Camat, Kapolsek, Danramil dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). 

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved