Breaking News:

Kabar Tulungagung

Ada Pendaftaran Pilkades, Pemohon SKCK Di Polres Tulungagung Meningkat Dua Kali Lipat

Selain pemohon SKCK untuk Cakades, ada pula pemohon untuk pencari kerja. Kebanyakan mereka adalah para siswa yang baru lulus, dan langsung bekerja.

suryamalang.com/David Yohanes
Petugas SKCK Polres Tulungagung melayani sidik jari seorang calon kepala desa (Cakades). 

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGUNG - Antrean pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) terlihat di depan ruang tunggu. Ruangan yang disiapkan tidak muat menampung semua pemohon.

Kapolres Tulungagung, AKBP Tofik Sukendar mengatakan, lonjakan pemohon SKCK terjadi karena adanya pendaftaran Calon Kepala Desa (Cakades).

“Salah satu syarat untuk mendaftar Cakades adalah SKCK. Makanya semua antre untuk mengurus,” kata Tofik, Selasa (14/5/2019).

Selain pemohon untuk Cakades, ada pula pemohon untuk pencari kerja. Kebanyakan mereka adalah para siswa yang baru lulus, dan langsung ingin bekerja.

Jika dirata-rata, pemohon SKCK setiap hari sekitar 70. Namun saat ini jumlah pemohon mendekati 140 per hari. Para pemohon agak terganggu, karena sedang ada proyek di Mapolres Tulungagung.

Namun kondisi pemohon jauh lebih baik, dibanding saat penerimaan CPNS tahun lalu. “Tahun lalu pemohonnya sampai duduk di mana-mana. Akhirnya kami sediakan kursi dan air minum gratis bagi yang antre,” ujar Tofik.

Ruangan tunggu khusus juga disiapkan untuk pemohon SKCK. Namun karena pemohonnya terlalu banyak, ruangan yang disiapkan tidak muat.

Untuk memudahkan pemohon, Polres Tulungagung sudah meluncurkan SKCK online dan SKCK keliling. SKCK Online memudahkan pemohon untuk memasukkan data. Pemohon tinggal datang ke Polres untuk melakukan verifikasi.

Sedangkan SKCK keliling ditujukan untuk pemohon perpanjangan SKCK. Layanan ini menjadi satu dengan mobil SIM keliling. “Tapi untuk Cakades tidak disarankan ke SKCK keliling. Mereka harus ke Mapolres Tulungagung,” pungkas Tofik. 

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved