Kabar Situbondo

Enam Pelaku Pencurian Hewan Asal Probolinggo Dilumpuhkan Tim Buser Polres Situbondo

Selain mengamankan dan melumpuhkan enam pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti sapi hasil curian dan satu unit truk.

Enam Pelaku Pencurian Hewan Asal Probolinggo Dilumpuhkan Tim Buser Polres Situbondo
suryamalang.com/Izi Hartono
Dua ekor barang bukti sapi dan satu unit truk yang berhasil diamankan tim Buser Polres Situbondo. 

SURYAMALANG.COM, SITUBONDO - Enam dari sembilan pelaku pencuri hewan (curwan) asal kota Probolinggo, berhasil dbekuk tim buru sergap Polres Situbondo, Rabu (15/05/2019). Tiga pelaku berhasil melarikan diri dan masih dalam pengejaran jajaran kepolisian.

Selain mengamankan dan melumpuhkan enam pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti sapi hasil curian dan satu unit truk.

Penangkapan komplotan curwan itu sendiri berawal dari laporan Juhaini (44) warga Desa Kertosari, Kecamatan Asembagus. Korban kaget saat akan memberi pakan ternak sapi di kandangnya ternyata sudah tidak ada dan sempat melihat tiga orang tengah menaikkan sapi ke atas truk.

Mengetahui sapinya diambil orang, Juhaini membangunkan tetangganya bernama Zainal Arifin (28). Selanjutnya, korban bersama warga lain berusaha mengejar pelaku. Namun upaya warga dan korban tidak berhasil menemukan para pelaku.

Karena tidak berhasil menemukan para pelaku, korban langsung melaporkan pencurian sapi itu ke Mapolsek Asembagus.

Mendapat laporan korban, anggota Polsek Asembagus dengan cepat berkoordinasi dengan anggota buru sergap Polres Situbondo untuk melakukan pengejaran terhadap kendaraan truk yang digunakan para pelaku.

Upaya polisi memburu pelaku akhirnya dengan cepat menemukan truk dan berhasil menangkap enam pelaku curwan di jalan raya Paiton, Probolinggo.

Enam pelaku terpaksa dilumpukan dengan tima panas di kakinya karena berusaha kabur saat akan dilakukan penangakapa. Mereka adalah Andriyanto (25), Anang (40), Lukman Hakim (28), Roni Wijaya (25), Turi (41) dan Yudi Eka Adi (35), yang kesemuanya berasal dari Probolinggo. Sementara tiga pelaku lainnya yang menggunakan mobil station berhasil melarikan diri. 

Selanjutkan untuk kepentingan proses penyidikan, enam pelaku beserta barang bukti diamankan ke Mapolres Situbondo guna menjalani pemeriksaan.

Salah seorang pelaku mengatakan, dirinya tidak mengetahui kalau diajak untuk mencuri sapi. Karena dirinya hanya diminta untuk mengecek kondisi kendaraan.

"Saya ini hanya makelar motor dan mobil, makanya saya mau diajak karena mau melihat mobil," kata pelaku berkilah.

Kasubag Humas Polres Situbondo, Iptu Nanang Priyambodo membenarkan penangkapan komplotan pelaku curwan tersebut. "Pelaku saat ini masih diperiksa dan tiga pelaku dalam pengejaran anggota," tutur Nanang Priyambodo. 

Penulis: Izi Hartono
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved