Kabar Gresik

Kementan Bagikan Bantuan Ribuan Ayam Joper Ke Sepuluh Pesantren Di Gresik

Sepuluh pondok pesantren di Kabupaten Gresik mendapatkan 5.000 ekor ayam jowo super (Joper) dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Kementan Bagikan Bantuan Ribuan Ayam Joper Ke Sepuluh Pesantren Di Gresik
TribunJatim.com/Willy Abraham
Pembagian 5.000 ekor ayam ke 10 Pondok Pesantren di Kabupaten Gresik, Rabu (15/5/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Willy Abraham

SURYAMALANG.COM, GRESIK - Sepuluh pondok pesantren di Kabupaten Gresik mendapatkan 5.000 ekor ayam jowo super (Joper) dari Kementerian Pertanian (Kementan). Diharapkan, para santri selain belajar agama juga mendapat ilmu wirausaha beternak ayam di pondok.

Satu pondok pesantren mendapatkan 500 ayam joper berusia 1 bulan ditambah bantuan pakan 1 ton dan uang sebesar Rp 3 juta untuk membuat kandang.

Sebanyak tiga truk mengantar bantuan ayam joper dari Kementan ke sepuluh pondok pesantren yang menerima program Kelompol Tani Santri Milenial (KTSM) di Dinas Pertanian, Rabu (15/5/2019).

Sepuluh pondok pesantren yang mendapat bantuan adalah PP Al Hikmah, PP Miftahul Ulum, Mambaul Ulum, PP Al Miftah, PP Robithotul Ashfiya, PP Al Karimi, PP Mamba'ul Ihsan, PP Al Muniroh, PP Salafy Al Fitroh dan PP Daruttaqwa.

“Harapan kami program ini menjadi stimulus santri-santri tani milenial dalam berwirausaha," ujar Luki Amar Hendrawati, fasilitator program dari Kementan.

Sebelumnya, para santri telah diberikan pendampingan di PP Al qona'ah tentang pelatihan pembuatan kandang, pemeliharaan, pembuatan pakan hingga pemanfaatan feses ayam untuk pupuk kandang.

Luki yang juga Dosen Politeknik Pembangunan Pertanian Malang menambahkan, setelah pemberian bantuan, setiap KSTM masih mendapatkan pendampingan dari Dinas terkait dan mahasiswa PKL  Politeknik Pembangunan Pertanian Malang. "Kurang lebih selama 3 bulan pendampingan itu," jelasnya.

Sementara Sekretaris Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) NU Gresik, Imam Junaidi mengatakan, pihaknya mengharapkan banyak program dari Kementerian lainnya yang bisa didapatkan pondok pesantren. "Kami sangat ingin membentuk jiwa-jiwa entrepreneurship dari golongan santri dikemudian hari," tuturnya.

Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved