Hukum Bagi Orang yang Puasa Tapi Bertengkar dan Berteriak

Puasa juga untuk menahan hawa nafsu, dan sabar. Bagaimana hukumnya orang puasa yang bertengkar dan berteriak kasar?

Hukum Bagi Orang yang Puasa Tapi Bertengkar dan Berteriak
google
Ilustrasi. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Bagaimana hukumnya orang puasa yang bertengkar dan berteriak kasar?

Puasa Ramadan bukan hanya melatih umat Islam untuk menahan lapar, dahaga, dan nafsu.

Puasa juga untuk menahan hawa nafsu, dan sabar.

Dalam Hadis Bukhari 1771 (versi Fathul Bari 1904) bab Shaum (puasa) disebutkan bahwa ada larangan bertengkar dan berteriak secara kasar bagi muslim yang sedang berpuasa.

“Telah menceritakan kepada kami Ibrahim bin Musa telah mengabarkan kepada kami Hisyam bun Yusuf dari Ibnu Juraij berkata, telah mengabarkan kepada saya 'Atho' dari Abu Shalih Az Zayyat bahwa dia mendengar Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Allah Ta’ala berfirman:

Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali shaum, sesungguhnya shaum itu untuk Aku dan Aku sendiri yang akan memberi balasannya. Dan shaum itu adalah benteng, maka apabila suatu hari seorang dari kalian sedang melaksanakan shaum, maka janganlah dia berkata rafats dan bertengkar sambil berteriak. Jika ada orang lain yang menghinanya atau mengajaknya berkelahi maka hendaklah dia mengatakan ‘Aku orang yang sedang shaum. Dan demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tanganNya, sungguh bau mulut orang yang sedang shaum lebih harum di sisi Allah Ta'ala dari pada harumnya minyak misik. Dan untuk orang yang shaum akan mendapatkan dua kegembiraan yang dia akan bergembira dengan keduanya, yaitu apabila berbuka dia bergembira dan apabila berjumpa dengan Rabnya dia bergembira disebabkan ibadah shaumnya itu.”

Dalam hadis tersebut jelas bahwa jika ada ajakan duel, sebaiknya umat Islam yang berpuasa menjawabnya dengan halus dan berkata “Aku sedang berpuasa”.

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Zainuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved