Kabar Trenggalek

JLS Tulungagung-Watulimo Belum Bisa Dilewati Saat Mudik, Jalur Tengah Trenggalek Target Mulus H-10

Polisi akan memasang tanda pemberitahuan agar pemudik yang memilih jalur selatan tak salah lewat. Pemasangan rambu itu rencananya dilakukan hari ini.

JLS Tulungagung-Watulimo Belum Bisa Dilewati Saat Mudik, Jalur Tengah Trenggalek Target Mulus H-10
suryamalang.com/Aflahul Abidin
Kegiatan perbaikan di ruas jalan kota Trenggalek. Jalur nasional ini ditargetkan rampung dan siap dilewati pemudik saat H-10 Lebaran. 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK – Jalur Lintas Selatan (JLS) ruas Tulungagung – Watulimo Trenggalek, belum bisa dilewati untuk mudik Lebaran 2019. Dari total panjang jalan 26 kilometer (km), baru 5 km yang teraspal.

“Sisanya masih makadam,” kata Kasatlantas Polres Trenggalek, AKP Suprihanto, Rabu (22/5/2019).

Polisi, kata dia, akan memasang tanda pemberitahuan agar pemudik yang memilih jalur selatan tak salah lewat. Pemasangan rambu itu rencananya akan dilakukan pada hari ini.

JLS ruas Tulungagung-Watulimo merupakan salah satu jalan yang rencananya akan mulai dibangun tahun ini. Panjang jalan yang akan diselesaikan dalam tiga tahun terakhir, yakni 17,78 km. Tahun ini, proses lelang masih berlangsung.

Namun, menurut Suprihanto, tak sedikit masyarakat yang mengira jalan itu sudah terbangun. Soalnya, banyak informasi yang menyebutkan jalan itu bakal dibangun tahun ini.

Sementara itu, jalur tengah mulai perbatasan Tulungagung hingga perbatasan Ponorogo saat ini dalam tahap perbaikan. Di beberapa titik, tampak perbaikan hotmix dikerjakan. Targetnya, seluruh perbaikan yang mendesak sebelum lebaran bakal rampung 25 Mei nanti.

“Ada 29 titik yang akan diperbaiki tahun ini. Tapi, dalam penanganan yang mendesak, di titik-titik yang penanganannya harus final H-10 terakhir, yaitu di KM 15, 16, 17, 18, dan termasuk daerah kota,” kata Nana Sujana, Koordinator Pelaksanaan Fisik di ruas Trenggalek-Ponorogo, Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional VIII Surabaya.

Nana mengatakan, progres perbaikan untuk jalur-jalur itu sudah mencapai 86 persen. Sisanya bakal dikebut pada waktu yang tersisa.

“Di daerah Nglinggis, ada lima titik yang harus kami perbaiki. Insyaallah hari ini selesai,” tambahnya.
Kasatlantas menambahkan, zona rawan longsor untuk jalur mudik via Trenggalek ada di KM 17. Alat berat, kata dia, akan disiagakan di sana saat waktu mudik. Tujuannya untuk mempercepat penanganan andai kata terjadi bencana. 

Penulis: Aflahul Abidin
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved