Kabar Surabaya

Puluhan Bus Bakal Libas Jakarta - Surabaya Hanya 11 Jam, Tarifnya Sekitar Rp 300.000

BUS TRANS JAWA. Jakarta - Surabaya hanya 11 jam. Tiket sekitar Rp 300.000. Bisa pesan online. Tiap 5 jam ganti sopir.

Puluhan Bus Bakal Libas Jakarta - Surabaya Hanya 11 Jam, Tarifnya Sekitar Rp 300.000
nuraini faiq
DOUBLE DECKER - Bus trans Jawa milik Lorena yang sudah lebih dulu beroperasi dan hendak bertolak ke Jakarta di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Kamis (23/5/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Kementerian Perhubungan bakal meluncurkan bus Trans Jawa sebagai trayek baru dalam melayani penumpang, Senin (27/5/2019). Ada puluhan bus yang disiapkan khusus untuk bus yang beroperasi di atas jalan tol Jakarta-Surabaya ini. 

Bus trans Jawa itu akan melibas Jakarta - Surabaya hanya dalam waktu sekitar 11 jam. Berangkat dari Surabaya pukul 16.00 sampai di Jakarta pukul 03.00 dini hari. Begitu juga sebaliknya. Surabaya turun dan berangkat dari Terminal Purabaya di Waru, Sidoarjo. Jakarta di Pulo Gebang.

"Sudah ada koordinasi dengan kami. Bus Trans Jawa itu akan resmi diluncurkan bersama Kemenhub Senin besok," ujar Kabid Pengawasan dan Operasi Dishub Kota Surabaya, Tunjung Iswandaru, Kamis (23/5/2019).

Selain Bus Trans Jawa ini untuk memberi layanan pemudik dengan Infrastruktur Tol Jawa, bus tersebut juga memberi pilihan pada masyarakat untuk moda transportasi. Selain harga tiketnya lebih murah di kisaran Rp 300.000-an, juga ada kepastian berangkat

"Semua tiket rencananya bisa dipesan melalui online atau melalui aplikasi. Bus juga akan berangkat sesuai jadwal. Tidak ngetem lama di Terminal," tambah Tunjung. 

Bus ini diprediksi akan berkompetisi dengan moda kereta api. Masa tempuh dua kota itu sama. Namun bus Trans Jawa ini tarifnya lebih murah. Sebab tiket KA ke Jakarta masih di kisaran di atas Rp 400.000. Bahkan saat mudik bisa di atas Rp 500.000 lebih. 

"Penumpang bisa turun di rest area tol untuk dijemput kendaraan sendiri. Yang jelas bus itu menjaga safety karena setiap 5 jam ganti sopir," kata Tunjung. 

Bus Trans Jawa itu akan menggandeng 7 operator atau perusahaan otobus. Bisa jadi hampir semua perusahan bus, mulai Lorena, Pahala Kencana, Kramatjati, Gunung Harta, dan yang lainnya akan dioperasikan khusus sebagai armada Trans Jawa.

Saat ini peluncuran Trans Jawa itu sudah disiapkan. "Sebenarnya tak perlu persiapan khusus. Akan melintasi jalur dan shelter keberangkatan yang sudah ada. Namun teknisnya biar Dishub yang menjelaskan," kata Kepala Sub Unit Terminal Purabaya Imam Hidayat. 

Sementara itu, Mohtar, kru Bus Lorena menyebutkan bahwa busnya sudah melayani trayek Trans Jawa sejak Februari 2019 lalu. Bus kami melintasi Tol Jawa hingga Jakarta sudah lama.

"Animonya lumayan karena cepat. Setiap hari paling jelek kami mengangkut minimal 10 penumpang ke Jakarta," kata Mohtar. 

Dalam sekali operasi, biaya tol yang dikeluhkan. Sekali jalan untuk tol habis Rp 700.000. Belum solar dan operasional kru bus.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved