Kota Batu

P3K di Kota Batu Diprioritaskan Honorer Usia Mendekati Pensiun

"Saat ini yang kami butuhkan adalah tenaga IT atau tenaga ahli, pertanian kesehatan dan pendidikan," ujar Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso.

P3K di Kota Batu Diprioritaskan Honorer Usia Mendekati Pensiun
SURYAMALANG.COM/Hanif Manshuri
ILUSTRASI - Pegawai honorer. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso beberapa hari lalu berkunjung ke Kemendagri dan Kekenpan RD di Jakarta. Dalam kesempatan itu, Punjul sekaligus mempertanyakan terkait Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dan calon PNS.

"Atas nama Apeksi, beberapa hari lalu menghadap ke Kemendagri dan Menpan. Kami sempat menanyakan tentang P3K dan CPNS," kata Punjul, Sabtu (24/5/2019).

Kata Punjul, Kemenpan menegaskan Disampaikan bahwa pemerintah pusat tidak akan membuka lagi CPNS dalam waktu dekat ini. Sementara P3K, Pemkot Batu akan mendapat suntikan dana.

"Saat ini yang kami butuhkan adalah tenaga IT atau tenaga ahli, pertanian kesehatan dan pendidikan," ujar Punjul.

Pemkot Batu akan mendapat kucuran dana sebanyak Rp 650 juta. Anggaran dari pusat itu digunakan untuk menggaji P3K.

"Kemarin itu, April ada P3K dan ada kekhawatiran menyedot dana APBD sehingga banyak daerah yang menolak. Namun triwulan ketiga ini akan ditransfer langsung dari pusat," katanya.

Di Pemkot Batu, ada 465 tenaga honorer. Sebagian besar dari mereka disarankan masuk P3K.

Kriteria yang akan diambil atau diprioritaskan adalah pada kelompok umur yang mendekati pensiun, kemudian pada penyesuaian Ijazah.

"ASN di Indonesia ini sudah overload. Tapi kebutuhan tenaga administrasi masih diperlukan," paparnya.

Meskipun memprioritaskan pada usia yang mendekati pensiun, Pemkot Batu tetap akan melakukan seleksi. Tidak bisa serta merta usia yang mendekati oensiun bisa direktur.

"Kalau misalnya tahun depan sudah pensiun, ya tidak bisa. Akan kami monitor data, kira-kira yang memenuhi persyaratan apa. Nanti ini sedang kami seleksi di BKD," katanya.

Kata Punjul, data para honorer ada di BKD. Saat ini Pemkot Batu sedang melakukan proses yang kemudian akan dikirim ke Kemenpan.

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved