Kabar Banyuwangi

Pemkab Banyuwangi Pastikan Stok Daging Sapi Dan Ayam Aman Hingga Lebaran

Per hari, terdapat stok daging sapi sebanyak 6 ton. Sedangkan untuk konsumsi daging sapi di Banyuwangi mencapai 4,6 ton per hari.

Pemkab Banyuwangi Pastikan Stok Daging Sapi Dan Ayam Aman Hingga Lebaran
suryamalang.com/Haorrahman
Petugas Pertanian Pemkab Banyuwangi melakukan pemeriksaan daging ayam yang dijual di pasar. 

SURYAMALANG.COM, BANYUWANGI - Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi memastikan ketersediaan daging sapi hingga Lebaran tercukupi. Saat ini stok daging yang ada mencapai 6 ton perhari. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Arief Setiawan, Jumat (24/5/2019).

Arief menjelaskan, Banyuwangi sudah bisa swasembada daging. Untuk populasi sapi terdapat 119 ribu ekor. Per hari, terdapat stok daging sapi sebanyak 6 ton. Sedangkan untuk konsumsi daging sapi di Banyuwangi mencapai 4,6 ton per hari.

“Hal yang sama juga terjadi di daging ayam. Saat ini ada ayam 1,2 juta ekor, dengan stok per hari sebesar 13 ton. Untuk ayam itu konsumsi di Banyuwangi mencapai 11 ton perhari. Sisanya dikirim ke Kabupaten tetangga," kata Arief.

Arif menambahkan, pihaknya telah menggelar sidak di sejumlah pasar di Banyuwangi. Mereka memantau stok ketersediaan daging ayam dan sapi. Tak hanya itu, mereka juga melakukan pemeriksaan dan mengambil sampel daging, untuk menjaga kesehatan dan kelayakan konsumsi daging.

Dalam sidak itu, satu persatu daging ayam dan sapi dari pedagang dan jagal hewan diperiksa. Masing masing daging tersebut diambil sampel untuk diuji lab. Dari hasil sidak, kata Arief, di beberapa lokasi pasar di Banyuwangi tidak ditemukan daging sapi maupun yang tak layak konsumsi.

“Semuanya terlihat segar dan tidak ditemukan daging sapi gelonggongan ataupun ayam tiren (mati kemarin). Untuk daging sapi, kita bisa menjamin karena mereka memotong sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH). Sebab jika dipotong di RPH itu sudah ada lisensi ASUH, aman, sehat, utuh dan halal," tambah Arif.

Dalam sidak tersebut, pihaknya juga melakukan survei harga dan stok daging di masing-masing lapak. "Kita lakukan ini pada setiap bulan Ramadan menjelang hari raya. Kita memastikan daging ayam dan sapi sehat di konsumsi oleh masyarakat. Selain itu stoknya juga ada," ujar Arief

Arief mengaku, kegiatan sidak kesehatan dan pengawasan stok daging di Banyuwangi akan terus dilakukan hingga Lebaran nanti. Pihaknya mengerahkan seluruh petugas bidang peternakan untuk turun ke beberapa pasar di Banyuwangi.

"Kita pantau terus. Mengenai harga untuk saat ini normal. Daging sapi Rp 129 ribuan sementara ayam sekitar Rp 30 ribuan," tambahnya. 

Penulis: Haorrahman
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved