Kabar Jember

Jelang Pilkades Serentak, Wabup Jember Lantik Penjabat Kades

Mulai akhir April dan Mei ini jabatan sejumlah kepala desa berakhir. Karenanya kepala daerah Jember melantik mereka yang diusulkan menjadi Pj kades.

Jelang Pilkades Serentak, Wabup Jember Lantik Penjabat Kades
Ist
Wabup Jember KH Abdul Muqit Arief melantik penjabat Kades di Jember 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - 25 orang penjabat (Pj) kepala desa di Kabupaten Jember dilantik, Jumat (25/4/2019). Ke-25 orang tersebut menjadi Pj kades menggantikan 25 kades yang berakhir masa jabatannya.

Wakil Bupati Jember, KH Abdul Muqit Arief memimpin pelantikan itu di Pendapa Wahyawibhawagraha, Jember. Kabupaten Jember bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 161 desa pada September mendatang.

Mulai akhir April dan Mei ini jabatan sejumlah kepala desa berakhir. Karenanya kepala daerah Jember melantik mereka yang diusulkan menjadi Pj kades.

"Hari ini baru gelombang pertama ada 25 Pj kades yang dilantik. Akan berlanjut sampai 161 desa itu akan diisi oleh Pj sampai Pilkades September nanti. Sebab memang jabatan kades definitif ini berakhirnya tidak bersamaan," ujar Wabup Muqit usai pelantikan penjabat kades.

Prosedur penunjukan Pj kades, lanjut Muqit, dimulai dari pengusulan camat setempat bersama BPD (Badan Permusyawaratan Desa) ke Bupati Jember. Bupati mengevaluasinya dan memberikan persetujuan.

Berdasarkan aturan, Pj kades haruslah seorang PNS di lingkungan Pemkab Jember.

"Memang ada yang usul dari sejumlah warga desa kalau Pj diinginkan dari desa setempat. Namun karena aturannya begitu yakni harus PNS, maka para Pj ini ya PNS dan masa kerja mereka berakhir saat kades definitif terpilih," imbuhnya.

Wabup Muqit menegaskan, penunjukan Pj kades ini mutlak dilakukan supaya tidak ada kevakuman terhadap layanan masyarakat di desa.

"Supaya tidak terjadi kekosongan jabatan yang bisa mengganggu layanan publik. Ini untuk menghindari kevakuman dan gangguan layanan," tegasnya.

Kepada para Pj itu, Wabup Muqit berpesan supaya maksimal memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ke-25 desa yang kini dipimpin oleh Pj kades berada di Kecamatan Sukowono (3 desa), Ledokombo (3 desa), Tanggul (1 desa), Bangsalsari (2), Kencong (2), Kalisat (7 desa), Semboro (3), Panti (1), Sukorambi (2), dan Rambipuji (1).

Pada September 2019 nanti, Jember menggelar Pilkades serentak. 161 desa di 31 kecamatan se-Kabupaten Jember bakal menggelar Pilkades. Artinya sebagian besar desa di Jember akan menggelar pesta demokrasi tersebut.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved