Kabar Surabaya

Pasar Games Menjadi Mayoritas Bagi Pangguna Layanan Digital Telkomsel Di Surabaya

Kegiatan digelar untuk menunjukkan bentuk keseriusan Telkomsel membangun ekosistim digital yang digandrungi milenial.

Pasar Games Menjadi Mayoritas Bagi Pangguna Layanan Digital Telkomsel Di Surabaya
suryamalang.com/Sugiharto
Pramuniaga memperagakan salah satu aktor yang ada di game online di area Telkomsel Digital World di Pakuwon Mall Surabaya. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Operator seluler Telkomsel memberi perhatian lebih pada pengguna digital dengan menggelar "Digital World 2019" di Surabaya pada akhir pekan lalu.

Kegiatan itu digelar untuk menunjukkan bentuk keseriusan Telkomsel membangun ekosistim digital yang digandrungi milenial.

"Pengguna internet semakin tinggi dan pengguna layanan digital di pelanggan Telkomsel adalah untuk games, video dan musik," jelas Heribertus B Ariyanto, General Manager Digital Product Area Expansion Jawa Bali, Jumat (24/5/2019) lalu.

Perkembangan internet yang semakin cepat turut mengerek jumlah pengguna layanan digital di Jatim. Operator seluler Telkomsel mencatat, total pelanggannya khusus di area Jatim saat ini telah mencapai 21 juta. "Dari angka tersebut, jumlah user digitalnya berada di kisaran 5 juta," ujar Heribertus. 

Dalam tiap tahunnya jumlah itu terus mengalami peningkatan yang signifikan. Dari 5 juta pelanggan data Telkomsel, penyumbang terbesarnya diperoleh dari masyarakat Surabaya. Kontribusinya mencapai lebih dari 700 ribu user. Kemudian disusul Malang.

“Memang kami akui saat ini ekonomi digital dan layanan digital adalah masa depan Telkomsel. Karena itu, kami akan serius membentuk digital ekosistem sampai akhir tahun ini,” tambah Heribertus.

Ekosistem digital yang akan diseriusi oleh operator plat merah tersebut terdiri dari empat kategori. Yaitu game, musik, video, dan value added service (vas).

Menurut Heribertus, keempat aspek itu memang sengaja diangkat karena sesuai dengan target market perusahaan yakni milenial. “Dari semua lini tersebut, penyumbang terbesar terhadap revenue digital kami adalah games. Kontribusinya mencapai 43 persen. Lalu jika dicompare dengan tahun lalu, pertumbuhan pendapatan games Telkomsel hingga April 2019 sebesar 75 persen,” ungkapnya.

Khusus di games, Telkomsel kini mempunyai aplikasi yang bernama dunia games. Fungsinya, mengetahui info tentang berbagai macam game online yang tengah booming dan sekaligus bisa untuk membeli voucer permainan.

Heribertus memaparkan, tiga games yang paling digemari oleh pengguna games online Telkomsel sekarang adalah Free Fire, PUBG, dan Mobile Legends yang memberikan andil pemakaian kuota data cukup tinggi

Setelah games, posisi kedua penyumbang terbesar digital Telkomsel diisi oleh kategori video. “Kami punya layanan video Maxstream yang menyediakan ribuan film, hiburan, sport, pendidikan, dan juga sinema yang diproduksi oleh Telkomsel,” kata Heribertus.

Sejak diluncurkan pada tahun lalu, pelanggan Telkomsel yang telah download Maxstream telah mencapai 15 juta. Sehingga hal itu membuat growth revenue video Telkomsel berhasil tumbuh 18 persen di kuartal pertama ini.

“Animo yang tinggi terhadap Maxstream membuat kami terus fokus untuk menggarap konten yang menarik, begitu juga untuk layanan Langit Musik yang bisa didengarkan tanpa kuota data,” tambah Erick Noviantoro, General Manager Sales Region Jawa Timur.

Khusus di musik angka pertumbuhan revenuenya tahun ini berada di kisaran 68 persen dibanding 2018.
Erick juga menerangkan, atas semua peroleh tersebut berhasil membuat kontribusi revenue digital Telkomsel di Jatim pada kuartal pertama ini mencapai 9,2 persen terhadap total keseluruhan pendapatan perusahaan. "Target untuk semester pertama ini kami ingin kontribusi digital bisa naik menjadi 10 persen,” tutur Erick.

Penulis: Sri Handi Lestari
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved