Malang Raya

Tim Satgas Pangan Temukan Makan Repackaging Saat Sidak di Pasar Kepanjen & Pasar Gondanglegi

Tim Satgas Pangan Kabupaten Malang menemukan makan repackaging (kemasan ulang) dalam sidak di Pasar Kepanjen dan Pasar Gondanglegi

Tim Satgas Pangan Temukan Makan Repackaging Saat Sidak di Pasar Kepanjen & Pasar Gondanglegi
SURYAMALANG.COM/M Erwin
Tim Satgas Pangan Kabupaten Malang sidak di Pasar Kepanjen dan Pasar Gondanglegi, Selasa (28/5/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Tim Satgas Pangan Kabupaten Malang menemukan makan repackaging (kemasan ulang) dalam sidak di Pasar Kepanjen dan Pasar Gondanglegi, Selasa (28/5/2019).

Sidak ini melibatkan tim dari Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perijinan, Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan, dan Polres Malang.

“Kami menemukan beberapa makanan yang di-repackaging di dua pasar ini,” terang Iptu Agung Hartawan, Ketua Tim (Katim) Satgas Pangan kepada SURYAMALANG.COM.

Repackaging adalah modus pedagang untuk memanilupasi makanan yang sudah terdaftar BPOM namun dibuka wadahnya untuk kemudian di-package ulang ke wadah yang lebih kecil berukuran satu kiloan.

Biasanya makanan yang di-repackage adalah jajannan yang kerap digunakan untuk suguhan saat Lebaran.

“Jika dikemas kecil-kecil jadi tidak ada izinnya. Ada juga makanan yang seharusnya dijual dalam keadaan beku. Seharusnya tetap dijual di lemari pendingin, tapi tadi tidak.”

“Kami imbauan agar pedagang tidak menjual hal-hal itu lagi dan kami beri saran baiknya bagaimana,” jelas Agung.

Tim Satgas belum menindak dalam sidak pasar ini. Penjual yang melakukan pelanggaran hanya diberi pembinaan dan penyuluhan.

Di sisi lain, Kasi Farmasi dan Makanan Minuman (Mamin) Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, dr Helma Evi Yenni mewanti-wanti masyarakat untuk memeriksa dahulu produk yang hendak dibeli.

“Produknya ada izin atau tidak, apalagi makanan dalam kemasan. Izin itu bisa berupa P-IRT atau bisa juga izin dari BP POM,” tutur Helma.

Halaman
12
Penulis: Mohammad Erwin
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved