Kabar Lamongan

Tingkatkan Palayanan Kesehatan, Pemkab Lamongan Target Bantuan Mobil Sehat Untuk 474 Desa

Pemkab Lamongan menargetkan sebanyak 474 desa dan kelurahan di Lamongan akan memiliki fasilitas Mobil Sehat pada 2021.

Tingkatkan Palayanan Kesehatan, Pemkab Lamongan Target Bantuan Mobil Sehat Untuk 474 Desa
suryamalang.com/Hanif Manshuri
Bupati Lamongan, Fadeli saat menyerahkan bantuan mobil sehat. 

SURYAMALANG.COM, LAMONGAN - Pemkab Lamongan menargetkan sebanyak 474 desa dan kelurahan di Lamongan akan memiliki fasilitas Mobil Sehat pada 2021. 

"Sampai saat ini, sudah ada 262 unit Mobil Sehat diberikan kepada 262 desa di Kabupaten Lamongan," kata Bupati Lamongan, Fadeli, Selasa (28/5/2019).

Sebanyak 262 unit Mobil Sehat tersebut termasuk 80 unit yang diberikan Bupati Fadeli saat peringatan puncak Hari Jadi Lamongan (HJL) ke 450 di Alun-alun Lamongan, Minggu 26 Mei 2019.

Pemberian fasilitas Mobil Sehat kepada seluruh desa dan kelurahan ini, dikatakan Kepala Dinas Kesehatan, Taufik Hidayat melalui Kabag Humas dan Protokol, Agus Hendrawan, sebagai wujud prioritas Pemkab Lamongan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan.

“Mobil Sehat ini adalah salah satu bentuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Mobil Sehat diberikan kepada tiap desa untuk memberikan pelayanan kesehatan berupa konseling dan juga jasa rujukan pasien dari desa ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat,” ujarnya.

Masyarakat, menurut Agus Hendrawan, bisa langsung menghubungi call center yang tertera di tiap mobil sehat. Pada Mobil sehat sudah disiapkan penanggungjawab dan sopir yang dilengkapi peralatan kesehatan sebagaimana yang ada pada ambulance dan P3K yang on call 24 jam.

Pemkab Lamongan, dikatakan Agus, telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 53,521 miliar dalam APBD untuk pengadaan mobil sehat. Dalam perubahan APBD 2019 direncakan akan ada pengadaan lagi sebanyak 50 unit. Pemkab Lamongan mentargetkan 474 desa dan kelurahan di Lamongan memiliki mobil sehat pada 2021.

Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved