Breaking News:

Kabar Surabaya

Siap Pecahkan Rekor MURI Jumlah Terbanyak Mudik Gratis Lebaran, Khofifah Berangkatkan Mudik Kapal

Kegiatan yang dilakukan untuk bisa memfasilitasi warga Jawa Timur untuk bisa mudik ke kampung halaman dengan gratis dan fasilitas yang nyaman.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Achmad Amru Muiz
suryamalang.com/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kepala Dinas Perhubungan, Fattah Jasin saat memberangkatkan kapal perdana Mudik Bareng Gratis moda kapal laut dengan rute Surabaya - Masalembu dari Pelabuhan Perak Garuda Surya Nusantara. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Para peserta Mudik Bareng Gratis 2019 dengan tujuan Surabaya ke Masalembu diberangkatkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur dari Garuda Surya Nusantara, Rabu (29/5/2019).

Sebelum memberangkatkan kapal pertama dalam rangkaian program Mudik Bareng Gratis 2019, Khofifah bersama jajaran Dinas Perhubungan dan juga Pelindo III menyapa para penumpang yang sudah naik di kapal Dharma Kartika III.

Fasilitas armada kapal yang nyaman, full AC, mewah, tempat tidur, dilengkapi dengan sarana hiburan, dan juga jadwal sampai ke tujuan yang lebih cepat menjadi keistimewaan yang dirasakan oleh peserta Mudik Bareng Gratis 2019. Para peserta mudik menyebut bahwa fasilitas yang disediakan dalam program ini memberikan kenyamanan dan keistimewaan selama perjalanan.

"Saya mudik ke Desa Masalima, Masalembu. Tinggalnya di Jawa Tengah, namun mudiknya bersama keluarga ke Masalembu, ini saya 30 tahun baru bisa mudik dan gratis lagi, ini istimewa sekali, kapalnya juga mewah," kata Agus Setyawan salah satu peserta Mudik Bareng Gratis Pemprov Jawa Timur 2019, saat disapa Khofifah.

Ia mengatakan, biasanya dari Tanjung Perak untuk bisa sampai ke Pulau Masalembu membutuhkan waktu selama 18 jam dengan biaya Rp 50 ribu. Namun kapal yang digunakan lebih kecil. Tapi dengan fasilitas Mudik Bareng Gratis dari Pemprov Jawa Timur ini para penumpang akan sampai ke Pulau Masalembu dalam waktu 13 jam saja.

"Saya ikut program Mudik Bareng Gratis ini bersama sembilan anggota keluarga. Alhamdulillah daftarnya online. Waktu itu daftarnya saya masih di Jawa Tengah, tapi lalu katanya ada verifikasi juga ya ikut prosesnya," kata Agus.

Hal senada juga disampaikan oleh Mukarramah. Mahasiswa yang kuliah di Gresik ini ikut program Mudik Bareng Gratis untuk pulang ke Desa Keramaian di Masalembu. Selain merasakan kenyamanan program mudik gratis ini, ia juga merasa istimewa karena yang memberangkatkan langsung Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Yang memberangkatkan langsung Ibu Gubernur. Dapat bingkisan lagi, tentu kami bersyukur," kata Mukarramah.

Total ada sebanyak 460 penumpang yang diberangkatkan sore ini untuk tujuan Surabaya - Masalembu. Selain pemberangkatan sore ini, masih akan ada tiga kali pemberangkatan lagi untuk rute yang sama.

Selain rute Surabaya - Masalembu, ada lima rute lain yang juga disediakan dalam Mudik Bareng Gratis untuk moda transportasi laut. Yaitu Surabaya - Gresik - Bawean, lalu Kalianget - Bawean, Tanjung Wangi - Raas, Situbondo - Sapudi, dan Sapudi - Kangean.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved