Breaking News:

Kabar Jakarta

Tujuh Jalan Tol Fungsional Dioperasikan Saat Mudik Lebaran, Diantaranya Tol Singosari-Pakis Malang

Akses tujuh jalan tol yang belum resmi beroperasi dibuka fungsional bagi para pemudik pada Lebaran tahun 2019.

Editor: Achmad Amru Muiz
suryamalang.com/Galih Lintartika
Jalan tol Pasuruan - 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Akses tujuh jalan tol yang belum resmi beroperasi dibuka fungsional bagi para pemudik. Pada musim mudik Lebaran 2019, jumlah kendaraan yang menggunakan jalan tol diperkirakan meningkat 8 persen dibandingkan dengan tahun lalu.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membuka tujuh jalan tol fungsional di tiga pulau. Di Sulawesi ada Tol Manado-Bitung (Simpang SBY-Manembo-Nembo) sepanjang 16,9 kilometer (km).

Di Jawa ada Tol Pandaan-Malang (Singosari-Pakis) sepanjang 4,75 km, Tol Cisumdawu Seksi 2 (Ranca Kalong-Sumedang) 5,5 km, dan Simpang Susun Purwodadi/Gondangrejo pada Km 507 Jalan Tol Solo-Ngawi.

Di Sumatera ada Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 185 km, Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kayu Agung-Akses Jakabaring) sepanjang 33 km, dan Simpang Susun Kota Terpadu Mandiri (KTM) Rambutan pada Km 12 Jalan Tol Palembang-Indralaya.

Pembangunan pintu keluar Kayu Agung Tol Trans-Sumatera ruas Pematang Panggang-Kayu Agung, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Kamis (16/5/2019). Menurut rencana, ruas tol ini akan digunakan fungsional untuk memperlancar arus mudik Lebaran mulai 25 Mei, khususnya pada siang hari.

Kepala Bidang Operasi dan Pemeliharaan BPJT, Ranto Parlindungan Rajagukguk mengatakan, akses tol tersebut akan dibuka secara cuma-cuma. Meski secara umum tol itu belum siap untuk dioperasikan, struktur konstruksi tol sudah bisa dilalui kendaraan.

”Atas rekomendasi polisi dan dinas perhubungan, tol itu dapat dipergunakan atau difungsionalkan untuk mengurangi kemacetan di jalan nontol,” ujar Ranto saat dihubungi Kompas, Kamis (30/5/2019).

Ia mengatakan, pada hari ketujuh hingga pertama jelang Lebaran awal Juni mendatang, jumlah kendaraan yang melalui tol diprediksi 1.383.830 kendaraan. Jumlah tersebut meningkat 7,58 persen dari tahun 2018 yang mencapai 1.286.349 kendaraan.

Gerbang tol tersebut akan menjadi titik awal penerapan sistem one way saat arus mudik pada Kamis (30/5).
Transaksi nontunai

Pada Lebaran tahun ini, pemudik juga bisa menggunakan 50 ruas tol sepanjang 1.780 km yang telah beroperasi resmi sampai Mei 2019. Semua ruas tol tersebut memberlakukan sistem pembayaran nontunai dengan kartu uang elektronik berbasis kartu.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved