Breaking News:

Kabar Surabaya

40 Ribu Jamaah Ramaikan Qiyamul Lail Ramadan Bersama Gubernur Khofifah di Masjid Al Akbar Surabaya

Puluhan ribu jamaah tersebut merupakan peserta Qiyamul Lail 27 Ramadan dan Sahur Akbar bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Achmad Amru Muiz
suryamalang.com/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersantap Sahur Akbar di halaman depan Masjid Al Akbar usai mendirikan salat Qiyamul Lail 27 Ramadan bersama 40 ribu jamaah, Sabtu (1/6/2019) dini hari. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Sebanyak 40.000 jamaah memadati Masjid Al Akbar Surabaya, Sabtu (1/6/2019 dini hari. Puluhan ribu jamaah tersebut merupakan peserta Qiyamul Lail 27 Ramadan dan Sahur Akbar bersama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang digelar Pemprov Jawa Timur bersama pengurus Masjid Al Akbar Surabaya.

Jamaah Qiyamul Lail yang mencapai puluhan ribu tersebut tak sedikit yang berangkat dari luar Surabaya.  Mereka ingin merasakan kekhyusukan berburu Lailatul Qadar bersama gubernur Jawa Timur dan merasakan suasana beribadah di Madjid Al Akbar Surabaya.

Rangkaian kegiatan Qiyamul Lail dilaksanakan sejak pukul 01.00 WIB. Dipimpin oleh imam KH Ahmad Muzakky Alhafidz, kekhusyukan mendirikan dua rakaat shalat tahajud, empat rakaat shalat tasbih, dan dua rakaat shalat hajad begitu dirasakan oleh jamaah.

Terutama saat rangkaian shalat malam mulai didirikan dan lampu penerangan masjid mulai dipadamkan. Tak sedikit jamaah yang larut dalam kekhusyukan shalat dan doa terdengar tersedu dari berbagai penjuru masjid.

"Saya berterima kasih pada semua jamaah yang datang ke Masjid Al Akbar dan memuliakan sepuluh hari terakhir Ramadan," kata Khofifah di sela Sahur Akbar bersama puluhan ribu jamaah usai Qiyamul Lail.

Gubernur perempuan pertama Provinsi Jawa Timur yang juga didampingi dua putra putrinya yaitu Patimasang dan Yusuf Mannagalli itu bergabung dengan jamaah dan makan sahur liwetan beralaskan daun pisang di pelataran depan Masjid Al Akbar.

Tak pelak, keakraban dan keguyupan pun dirasakan antara jamaah dan juga jajaran pemerintah tertinggi di tingkat Provinsi Jawa Timur tersebut.

Terlebih menu sahur akbar yang disantap juga tak kalah istimewa. Menu sahur tersebut merupakan menu masakan yang dimasak langsung oleh  para juru masak dari Tim Siaga Bencana (Tagana) Jawa Timur yang berangkat dari sepuluh kabupaten kota.

Masing-masing Tagana dari kabupaten kota tersebut mendapatkan tugas memasak menu sahur bermacam-macam untuk kemudian dibagikan pada jamaah Qiyamul Lail untuk disantap saat Sahur Akbar.

Sebelum Qiyamul Lail dilaksanakan, Khofifah menyempatkan diri menyapa juru masak Tagana dan membantu mengulek sambal ayam geprek untuk menu santap sahur puluhan ribu jamaah Masjid Al Akbar.

"Semoga apa yang kita kerjakan, ibadah selama bulan Ramadan membawa berkah. Semoga puasa kita diterima oleh Allah, tarawih kita diterima oleh Allah, tadarus kita diterima oleh Allah. Dan saat Idul Fitri nanti kita dikembalikan Allah dalam keadaan yang fitri dan amalan ibadah kita membersihkan kita sehingga kembali bersih dan suci," tambah wanita yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Sosial dan Menteri Pemberdayaan Perempuan ini.

Sementara itu, Helmy M Noor, Sekretaris Badan Pelaksana Pengelola Masjid Al Akbar mengatakan, Qiyamul Lail tidak akan hanya dilaksanakan pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadan saja. Melainkan bakal digelar rutin setiap bulan.

"Kami akan menggelar Qiyamul Lail setiap minggu terkahir setiap bulan. Monggo bagi yang ingin bergabung shalat malam di luar berburu Lailatul Qadar bisa datang ke Masjid Al Akbar di minggu terakhir setiap bulannya," pungkas Helmy.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved