Malang Raya

Rumah Dinas Bupati Malang Akan Segera Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya

akan ditetapkan sebagai Cagar Budaya pada 2019 ini adalah rumah dinas Bupati Malang yang berada di Jl Agus Salim No 96, Klojen, Kota Malang

Rumah Dinas Bupati Malang Akan Segera Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya
yul
suryamalang.com | IG: @suryamalangcom 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Bangunan Cagar Budaya yang akan direnovasi harus mendapatkan rekomendasi dari Tim Ahli Cagar Budaya (TACB).

Rekomendasi itu harus diperoleh sebelum proses pembenahan dilaksanakan.

Salah satu bangunan yang sudah terdaftar dan akan ditetapkan sebagai Cagar Budaya pada 2019 ini adalah rumah dinas Bupati Malang yang berada di Jl Agus Salim No 96, Klojen, Kota Malang.

Sekretaris TACB Kota Malang, Agung Harjaya Bhuana menyampaikan, sesuai dengan advice planning atau keterangan rencana kota (AP-KRK), maka renovasi bangunan Cagar Budaya (CB) tidak semudah membenahi rumah. Ada mekanisme yang harus dilalui sebelum akhirnya renovasi dilakukan.

"Termasuk juga pembuatan IMB dalam kawasan CB perlu surat rekomendasi dari TACB yg tertuang dalam AP-KRK," kata Agung, Minggu (9/6/2019).

Jika tak mengindahkan mekanisme yang ada, pemilik bangunan Cagar Budaya akan dihadapkan dengan Undang-Undang Cagar Budaya dan Peraturan Daerah Cagar Budaya.

Dia menjelaskan, pemberian rekomendasi oleh tim TACB dilakukan melalui berbagai tahapan. Di antaranya adalah harus melalui survei terlebih dulu. Kemudian dilanjutkan dengan rapat dan sidang dengan pemohon.

"Lumayan sudah banyak yang paham. Satu kali sidang sudah dua sampai tiga objek," paparnya.

Saat ini sudah ada 40 usulan yang masuk untuk ditetapkan sebagai bangunan Cagar Budaya. Bahkan ada yang dari permintaan pemilik bangunan.

"Kami sangat apresiasi itu," jelasnya.

Dari 40 usulan bangunan tua yang telah didata itu, beberapa akan segera ditetapkan setelah lebaran. Di antaranya adalah Pendopo dan Rumah Dinas Bupati Malang, Hotel Shalimar, penanda arah depan PLN Kayutangan, Tugu Merdeka Balaikota, Kantor Korem, SMK Yadika Jl Semeru, SMAN 2 Kota Malang, hingga SD Brantas.

Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved