Malang Raya

Hari Ini Mulai Pendaftaran SBMPTN, Pilih Program Studi dan PTN Sesuai Skor UTBK

Hari ini, Senin (10/6/2019) mulai pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sampai 24 Juni 2019.

Hari Ini Mulai Pendaftaran SBMPTN, Pilih Program Studi dan PTN Sesuai Skor UTBK
Sylvianita Widyawati
Suasana daftar ulang mahasiswa baru Universitas Negeri Malang (UM) lewat jalur SNMPTN 2019 pada Mei lalu di Graha Cakrawala. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Hari ini, Senin (10/6/2019) mulai pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sampai 24 Juni 2019.

Caranya dengan memakai skor Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang sudah didapat peserta baik lewat UTBK gelombang 1 dan 2. Baru tahun ini SBMPTN menggunakan skor UTBK yang dikeluarkan LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi).

"Tipsnya ya memilih prodi yang sesuai dengan skor UTBK yang didapat. Pilih prodi yang sesuai minatmu karena setiap Program Studi (Prodi) adalah baik," jelas Prof Dr Rofi'uddin MPd, Rektor Universitas Negeri Malang (UM) kepada SuryaMalang.com, Senin (10/6/2019) usai kegiatan halal bihalal di Graha Cakrawala UM.

Dijelaskan, jika skornya tak terlalu tinggi, maka jangan memilih prodi yang kira-kira perlu skor tinggi. Misalkan Kedokteran.

"Memang banyak beredar perkiraan-perkiraan skor ke prodi tertentu. Tapi yang jelas perguruan tinggi tidak pernah mengeluarkan data itu," jelas Rektor. Dijelaskan, karena penggunaan skor ini, kampus tak dilibatkan masif sebagaimana pelaksanaan SBMPTN tahun lalu.

"Semua pendaftaran juga dilaksanakan secara online oleh peserta yang ingin ikut SBMPTN," kata dia. Sedang Wakil Rektor I Universitas Negeri Malang (UM) Prof Dr Budi Eko Soetjipto MPd MSi berharap peserta yang sudah ikut UTBK ikut mendaftar SBMPTN.

"Kalau gak ikut SBMPTN, nilainya UTBK buat apa?" kata dia. Karena baru pertama kali pakai skor UTBK, PTN juga belum punya data per prodi bisa ditembus dengan skor berapa.

"Pendapat saya pribadi, jika punya nilai atau skor 650 aman. Kalau misalkan skornya 550, misalkan masuk UM atau PTN lain sulit. Tapi bisa saja skor 550 bisa masuk PTN jika memilih prodi yang keketannya kurang," paparnya.

Ia menyebut misalkan di UM untuk Prodi S1 Mandarin dan Bahasa Jerman persaingannya tak ketat. Dijelaskan, jika melihat data di LTMPT, skor tertinggi atau maksimal mencapai 800-900. Itu hanya menjangkau ke lima persen peserta UTBK.

Sedang yang memiliki skor 700-800, skor sebarannya hanya ke 10-15 persen peserta. Sehingga peserta harus pandai-pandai memilih prodi dan PTN sesuai dengan skornya.

Untuk jalur SBMPTN, UM mengambil porsi 50 persen dari pagu mahasiswa baru UM 2019. Porsi 20 persen telah diambil lewat jalur SNMPTN dan 30 persen nanti akan didapat lewat jalur mandiri.

Berdasarkan data di IG UM mengenai prodi dengan peminat tertinggi di SBMPTN 2018, terbanyak di prodi S1 PGSD dengan peminat ada 2213 orang. Kemudian prodi S1 Manajemen ada 3496 peminat. Lalu S1 Psikologi ada 2518 peminat dan prodi S1 Teknik Informatika ada 1985 peminat.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved