Breaking News:

Kabar Surabaya

Hari Pertama Bolos Kerja Pasca Libur Lebaran, Ini Sanksi Yang Akan Didapat ASN

Aparatur Sipil Negara (ASN) akan mendapatkan sanksi administratif jika membolos pada hari pertama masuk kerja pasca libur lebaran.

Editor: Achmad Amru Muiz
suryamalang.com/Haorrahman
Ilustrasi ASN/PNS 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Aparatur Sipil Negara (ASN) akan mendapatkan sanksi administratif jika membolos pada hari pertama masuk pasca libur lebaran pada hari Senin (10/6/2019).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Jawa Timur (BKD Jatim), Anom Surahno menjelaskan, sanksi tersebut sudah diatur dalam UU No 5 tahun 2014 tentang ASN.

"Salah satu sanksinya adalah pemotongan remunerasi berdasarkan lama bolos kerja," ucap Anom, Minggu (9/6/2019).

Pemotongan tersebut akan diakumulasikan dengan pelanggaran mulai awal tahun. "Nanti dilihat apakah dia mendapatkan sanksi ringan, sedang atau berat, tapi kalau besok sudah masuk maka akan langsung mendapatkan sanksi. Bentuk hukuman ringan tersebut bisa berupa teguran lisan maupun tertulis," ucap Anom.

Kemudian, tambah Anom, untuk hukuman disiplin sedang berbentuk penundaan kenaikan gaji, penundaan kenaikan pangkat, dan penurunan pangkat, masing-masing selama satu tahun.

Sementara, untuk hukuman disiplin berat seperti pembebasan dari jabatan hingga pemberhentian tidak dengan hormat. Pemberian sanksi tersebut nantinya akan menjadi wewenang Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved