UEFA Nations League

Raih Predikat Raja Eropa, Berapa Harta yang Dikantongi Portugal & Liverpool? Ini Hitung-hitungannya

Setelah Liverpool menjadi juara Liga Champions pada 1 Juni, Portugal menyusul dan memastikan menjadi negara pertama yang menjuarai UEFA Nations League

Raih Predikat Raja Eropa, Berapa Harta yang Dikantongi Portugal & Liverpool? Ini Hitung-hitungannya
AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA
Portugal menjadi juara UEFA Nations League seusai mengalahkan Belanda pada partai final di Stadion Do Dragao, 9 Juni 2019. 

SURYAMALANG.COM - Timnas Portugal dan Liverpool memastikan diri menjadi juara Eropa tahun ini.

Setelah Liverpool berhasil menjadi juara Liga Champions pada 1 Juni, Portugal menyusul dan memastikan menjadi negara pertama yang menjuarai UEFA Nations League pada 9 Juni.

Lantas, berapa uang yang diperoleh kedua tim yang sama-sama menggunakan seragam berwarna merah itu?

Pemain Liverpool merayakan gelar Juara Liga Champions
Pemain Liverpool merayakan gelar Juara Liga Champions (Twitter/@ChampionsLeague)

Liverpool mendapatkan 19 juta euro atau setara sekitar Rp 307 miliar atas keberhasilannya menjadi juara.

Sementara itu, sang runner-up, Tottenham Hotspur menerima 15 juta euro atau setara sekitar Rp 242 miliar.

Namun, jumlah tersebut belum termasuk pendapatan lainnya, meliputi hadiah kemenangan per pertandingan, hadiah lolos ke babak berikutnya dari 16 besar hingga final, dan pendapatan dari hak siar.

Bila ditotal, pendapatan Liverpool diperkirakan mencapai 110 juta euro (setara sekitar Rp 1,777 triliun), sedangkan Tottenham menerima 109 juta euro (setara sekitar Rp 1,760 triliun).

Cristiano Ronaldo merayakan keberhasilan Timnas Portugal menjadi juara UEFA Nations League seusai mengalahkan Timnas Belanda pada laga final di Stadion Do Dragao, 9 Juni 2019.
Cristiano Ronaldo merayakan keberhasilan Timnas Portugal menjadi juara UEFA Nations League seusai mengalahkan Timnas Belanda pada laga final di Stadion Do Dragao, 9 Juni 2019. (AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA)

Sementara itu, timnas Portugal disebut menerima 10,5 juta euro atau sekitar Rp 170 miliar.

Sebagai runner-up, Belanda memperoleh 9 juta euro (Rp 145 miliar), peringkat ketiga 8 juta euro (Rp 129 miliar), dan peringkat keempat adalah 7 juta euro (Rp 113 miliar).

Semua angka tersebut sudah termasuk 4,5 juta euro (Rp 72,8 miliar) yang telah diberikan kepada Portugal, Belanda, Swiss, dan Inggris sebagai empat kontestan putaran final UEFA Nations League 2018-2019.

Uang 4,5 juta euro itu sendiri dibentuk dari 2,25 juta euro (Rp 36 miliar) jatah untuk semua tim di Liga A UEFA Nations League dan 2,25 juta euro lagi untuk empat tim yang menjadi juara grup Liga A.

Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved