Malang Raya

Plt Bupati Malang Sanusi Pasrah pada Tujuh Partai Pengusung soal Wakil Bupati

Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi, mengaku pasrah ketika ditanya sosok yang akan mendampinginya apabila sudah menjabat bupati definitif.

Plt Bupati Malang Sanusi Pasrah pada Tujuh Partai Pengusung soal Wakil Bupati
Erwin
Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Plt Bupati Malang, Muhammad Sanusi, mengaku pasrah ketika ditanya sosok yang akan mendampinginya apabila sudah menjabat bupati definitif.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku tunduk pada keputusan partai pengusung.

Sanusi terpilih bersama Renda Kresna setelah diusung tujuh partai politik.  Yakni, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Demokrat

"Pengajuan wakilnya dari pantai pengusung. Terkait siapa namanya terserah pantai pengusung. Saya sifatnya hanya menerima," ujar Sanusi ketika dikonfirmasi, Selasa (11/6/2019).

Sanusi menambahkan, siap menerima apapun keputusan partai pengusung terkait wakil bupati, apabila sudah disetujui DPRD Kabupaten Malang. Ketika ditanya bagaimana kriteria sosok yang akan mendampinginya, Sanusi memilih bungkam.

"Siapapun yang direkomendasi pantai pengusung dan diterima dewan (DPRD Kabupaten Malang) ya saya terima," terang Sanusi.

Majelis Hakim Memiskinkan Bupati Malang Non-Aktif Rendra Kresna, Wajib Bayar Uang Pengganti Rp 4 M

Di sisi lain, sejak penonaktifan Bupati Malang Rendra Kresna pada Bulan Oktober tahun 2018 lalu, secara otomatis pucuk pimpinan tertinggi di lingkungan Pemkab Malang beralih Sanusi. Untuk itu, salah satu syarat pengangkatan status Plt bupati menjadi bupati definitif terpenuhi.

Sebagaimana Udang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang perubahan kedua atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa penunjukan bupati definitive menjadi kewenangan mendagri. Untuk pelantikan menjadi ranah dari gubernur.

Terkait progres terbaru, Sanusi menginformasikan bahwa Sekretaris Daerah Kabupaten Malang akan menyampaikan hal tersebut ke Gubernur Jawa Timur, Khofifah.

"Belum masih belum, sedang diproses Sekda menunggu inkrah itu. Mungkin keputusan. Nanti Sekda yang akan menyampaikan ke gubernur. Penyerahan ke gubernur besok atau lusa," tutup Sanusi.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved