Malang Raya

PPDB Jalur Prestasi Masuk SMAN-SMKN di Kota Malang Ada Skornya

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara offline untuk prestasi, keluarga tidak mampu dan kepindahan orangtua dimulai pada Selasa (11/6/2019).

PPDB Jalur Prestasi Masuk SMAN-SMKN di Kota Malang Ada Skornya
yul
suryamalang.com | IG: @suryamalangcom 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara offline untuk prestasi, keluarga tidak mampu dan kepindahan orangtua dimulai pada Selasa (11/6/2019).

Di SMAN 6 Kota Malang yang mendaftar untuk jalur prestasi non akademik seperti beladiri, silat. "Yang daftar 6-7 prestasi," jelas Lutfianto, Ketua Panitia PPDB SMAN 6 kepada Suryamalang.com, Selasa (11/6/2019).

Sedang dari keluarga tidak mampu masih ada yang mendaftar satu dan kepindahan orangtua juga baru satu. "Untuk prestasi non akademik juga ada skornya," jelas dia. Sesuai di juknis PPDB, nilai skor tergantung jenjangnya.

"Tertinggi di juara satu tingkat internasional, skornya 9," kata dia. Sedang untuk juara 2 dan 3 jenjang internasional, skornya 8 dan 7. Sedang juara nasional diambil juara 1,2 dan 3.

Masing-masing skornya 7,6 dan 5. Sedang juara provinsi diambil juara 1,2 dan 3 dengan skor 5,4 dan 3. Sedang juara 1 tingkat kota/kabupaten, skornya 3. Bagi bidang keagamaan seperti penghafal Al Quran juga ada skornya. Yang hafal 10 juz dapat skor 5. Hafal 20 juz dapat skor 7 dan hafal 30 skor dapat 9. "Kelebihan di jalur prestasi yaitu bebas memilih sekolah," ujarnya. Sedang yang prestasi akademik bisa dengan NUN.

Dikatakan Lutfi, banyak yang dari Kabupaten Malang ingin ikut offline jalur prestasi. Namun tidak bisa masuk karena bukan zonanya. "Ini karena rumah mereka lebih dekat ke kota daripada kabupaten," jelasnya. Sehingga harus mendaftar ke sekolah negeri di Kabupaten Malang. Ditambahkan Lutfi, sekolah juga telah mendapatkan by name siswa yang beprestasi tingkat Jatim yang sudah ada di sistem.

"Ada 15 orang. Tapi mereka menyebar ke sekolah mana, saya tidak tahu karena bebas memilih sekolah," paparnya. Untuk prestasi non akademik haruslah penyelenggaraanya berjenjang. Sementara Utomo, Ketua Panitia PPDB SMAN 10 Kota Malang menyatakan kemungkinan untuk jalur kepindahan orangtua minim.

"Masih lima pendaftar," jelas Utomo terpisah. Pagunya 5 persen kuota sekolah sebanyak 340 siswa pada tahun ajaran 2019/2020.

Dikatakan, jika sampai hari terakhir perdaftaran minim pada 13 Juni 2019, maka akan dialihkan ke jalur keluarga tidak mampu.

"Yang memungkinkan itu. Tapi harus sesuai persyaratannya seperti punya KIP, KIS atau PKH," jelasnya. Kalau dialihkan ke jalur prestasi berat karena harus memiliki sertifkat juara. Pengumuman jalur offline pada 17 Juni 2019 atau bersamaan dengan dimulainya pendaftaran jalur reguler online/zonasi.

"Mereka yang tidak lolos di jalur offline bisa ikut ke jalur reguler," tandasnya. Sementara itu pengambilan pin pendaftaran akan dilayani sampai 20 Juni 2019 atau sehari sebelum pengumuman. 10 SMAN di Kota Malang dibagi dalam tiga zona dengan lima kecamatan.

Ada kecamatan yang bisa mendaftar di dua zona seperti Kecamatan Kedungkandang. 

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved