Kabar Surabaya

PPDB SMP Surabaya Dibuka, Ada Kuota 40 Persen Siswa Pintar di Sekolah Kawasan

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP negeri di Surabaya sudah dimulai pendaftarannya. Dimulai jalur pindahan tugas orang tua (mutasi) dan

PPDB SMP Surabaya Dibuka, Ada Kuota 40 Persen Siswa Pintar di Sekolah Kawasan
ist
Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya M Iksan 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP negeri di Surabaya sudah dimulai pendaftarannya. Dimulai jalur pindahan tugas orang tua (mutasi) dan jalur prestasi yang dibuka 10-13 Juni 2019. 

Kemudian dilanjutkan dengan jalur Zonasi khusus yang memberikan kuota 40 persen bagi siswa pintar. Mereka para lulusan SD yang memiliki nilai di atas rata-rata berhak mendapatkan kuota 40 persen SMPN Kawasan atau sekolah yang selama ini dianggap favorit.

"Kami ingin mengakomodasi semua kepentingan semua warga Surabaya. Wali murid dan siswa. Ada kuota 40 persen di jalur Zonasi Khusus," kata Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Surabaya M Iksan, Selasa (11/6/2019).

Zonasi Khusus adalah jalur yang diberikan kepada siswa dengan nilai Unas atau Nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tinggi. Mereka yang memiliki nilai rata-rata minimal 8,00 berkesempatan masuk sekolah favorit. 

"Caranya tetap tes. Akan ada tes potensi akademik (TPA) untuk memastikan mereka diterima di SMP Kawasan. Saya pikir ini adil dan fair untuk semua," lanjut Iksan. 

Kuota 40 persen itu artinya ada setidaknya 5 sampai 6 rombel yang disediakan kuota untuk jalur Zonasi Khusus atau Zonasi Kawasan. Pendaftaran jalur Zonasi Khusus ini akan dibuka 13-15 Juni 2019. Pengumuman 18 Juni 2019.

Diakui Iksan bahwa Dindik memberikan kemudahan dan kelenturan dalam PPDB sistem Zonasi tahun ini. Sudah tujuh tahun sistem berjalan dengan baik termasuk menciptakan pemerataan kuwalitas pendidikan dengan melahirkan SMPN Kawasan di semua wilayah Surabaya

Ada 11 SMPN Kawasan di Surabaya mulai dari Surabaya Utara hingga Barat. Yakni 

- SMPN 2 , Jalan Kepanjen 1

- SMPN 15, Jalan Kedung Cowek 351

Halaman
123
Penulis: Nuraini Faiq
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved