Kabar Sidoarjo

Balai Besar Karantina Pertanian Bakar Ratusan Hewan dan Burung serta Bibit Tanaman

Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya memusnahkan ratusan hewan dan burung tanpa dokumen. Juga bibit pertanian dan tanaman ilegal dari luar negeri.

Balai Besar Karantina Pertanian Bakar Ratusan Hewan dan Burung serta Bibit Tanaman
ist
Pemusnahan Barang Bukti Karantina Oleh Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Rabu (12/6/2019) 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya memusnahkan ratusan barang bukti karantina berupa ratusan hewan dan burung tanpa dokumen. Juga bibit pertanian dan tanaman ilegal dari luar negeri.

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Ali Jamil, mengatakan, barang bukti yang dimusnahkan tersebut hasil penindakan Januari hingga Mei 2019.

"Ratusan barang bukti tersebut didapatkan dari wilayah kerja Kantor Pos Kediri, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, dan Bandara Juanda Surabaya. Dan semuanya ini dimusnahkan dengan cara dibakar," ujar Ali Jamil, Rabu (12/6/2019).

Ia mengatakan, barang yang dimusnahkan tersebut dalam kondisi mati. Baik waktu perjalanan maupun dalam masa penahanan.

"Dan semua barang bukti yang dimusnahkan tersebut melanggar Undang Undang No. 16 Tahun 1992. Karena pemasukannya dari luar negeri tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan," tambahnya.

Ali juga menjelaskan, pihaknya sudah melakukan beberapa kali pemusnahan serupa.

"Kami sebelumnya juga sudah melaksanakan pemusnahan. Mulai Maret sampai dengan Mei, sudah kita lakukan sebanyak 6 kali pemusnahan," tandasnya. Kukuh Kurniawan 

Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved